KULINER KHAS KOTA SOLO YANG WAJIB DINIKMATI

Solo merupakan sebuah kota penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Di sanalah terdapat dua kerajaan pecahan kerajaan Mataram Islam, yaitu Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran Surakarta.
Budaya jawa yang khas, melekat pada keseharian masyarakat kota Solo. Tidak terkecuali di bidang kuliner. Jika kita berkunjung ke Solo, ada beberapa sajian kuliner khas kota solo yang wajib dinikmati. Apa saja?

1. Nasi liwet = nasi dimasak dengan santan, dihidangkan dengan sambal goreng labu siam, krecek (kulit sapi), opor ayam dan telur pindang. Nasi liwet adalah makanan khas yang terdiri dari nasi gurih dengan sayuran Jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan berbagai bahan lainnya yang disajikan dengan alas daun pisang dengan sedikit ditekuk dan disematkan lidi supaya berbentuk kerucut (istilahnya disebut pincukan)


2. Ledre intip = sejenis cemilan dari beras ketan yang dicetak berbentuk mangkuk dan digoreng hingga kering. ada yang rasanya asin (polos) ada juga yang manis (dengan gula merah di atsanya)
Ledre intip adalah salah satu jenis kue tradisional yang sudah jarang sekali di jumpai. Jangankan di kota besar, di kota kecil dan di pasar-pasar tradisional saja penjual ledre bisa dihitung dengan jari. Rata-rata penjualnya sudah sepuh dan sudah banyak yang meninggalkan tradisi ini. Mungkin karena proses pembuatannya yang masih terbilang tradisional sekali.

Ledre ini sebenarnya lebih mirip dengan kerak telor khas masyarakat Betawi. Bahan dasarnya sama, yaitu beras ketan. Beras ketan yang sudah dimasak setengah matang di jadikan intrip alias kerak di atas wajan kecil persis dengan wajan penjual kerak telor. Wajan kecil terbuat dari besi dan dipanaskan di atas api arang sehingga menimbulkan aroma wangi yang unik.

Intip yang dipanaskan lalu ditaburi dengan kelapa parut dan potongan buah pisang raja yang matang. Barulah ledre yang sudah matang dilipat dua menyerupai setengah lingkaran. Rasa ledre gurih-gurih manis. Kulit bagian luarnya berwarna kecokelatan sedikit gosong karena memang sengaja dibuat demikian, makanya disebut ledre intip.Ledre ini banyak dijual di daerah Jawa Tengah, Magelang, Solo, Yogyakarta dan Muntilan.


3. Serabi = kue berbentuk bulat, warnanaya putih dengan pinggiran kering di sekelilingnya , terbuat dari tepung beras dan santan. di tengahnya diberi isi pisang, coklat atau keju.


4. Nasi timlo = mirip soto, isinya nasi putih, irisan daging ayam/sapi, soun, sosis dan telur pindang, disiram dengan kuah sup. Nasi timlo adalah masakan khas Solo, Jawa Tengah. Yang terdiri dari campuran nasi, mie putih (soun), suwiran daging ayam, sosis solo, dan telur kecap. Kesan pertama ketika anda melihat makanan ini adalah kuah timlo yang bening seperti soto. Namun, setelah dicicip rasa kuah tersebut gurih dan segar mirip seperti sop. Selain itu yang membedakan dengan soto yang lain adalah komposisinya. Nasi timlo tidak menggunakan sayuran. Dan bahan yang hanya bisa ditemui di dalam nasi timlo, tidak di soto lain, yaitu sosis solo (sejenis lumpia dengan isi ayam). Selain itu nasi timlo menggunakan telur kecap yang manis, kebanyakan soto lain (yang menggunakan telur) menggunakan telur rebus biasa



5. Sosis solo = sejenis lumpia, dengan isi cincangan daging ayam/sapi

6. Selat solo = seperti bistik, tetapi dagingnya diiris tipis2

7. Gudeg ceker adalah makanan khas yang terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam dan cakar ayam (ceker).

8. Pecel = adalah makanan yang terdiri dari berbagai sayuran mulai dari bayam, jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi, kacang panjang, dll, yang diberi sambal kacang.

0 Response to "KULINER KHAS KOTA SOLO YANG WAJIB DINIKMATI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel