TEKNOLOGI YANG BERKEMBANG PADA MASA YUNANI KUNO

Bangsa Yunani merupakan sebuah bangsa yang memiliki peradaban yang sangat tinggi, khususnya pada masa kuno. Teknologi Yunani Kuno berkembang maju pada saat abad ke-5 SM, dan sampai dengan zaman Roma dan seterusnya. Penemun yang dianggap dihasilkan oleh Yunani Kuno termasuk gir, skrup, obeng, jam air, ketapel, teknik pembuatan barang dari perunggu dan penggunaan uap untuk menggerakkan mesin dan mainan. 
Kebanyakan ciptaan ini berlaku di akhir zaman Yunani, sering kali diinspirasikan untuk memperbaiki senjata dan taktik dalam peperangan. Dan juga diterapkannya teknologi kincir air untuk alat eksloitasi oleh orang-orang Roma. Mereka juga mempunyai sistem pensurveian dan matematika tahap tinggi, dan banyak kemajuan mereka, diterbitkan oleh ahli falsafah seperti Archimedes dan Hero. 

teknologi bangunan Yunani Kuno, Kuil Parthenon
BACA; SEJARAH SEBAGAI ILMU DAN SENI
Teknologi air 
Sumber air adalah antara sumbangan terpenting dari Yunani kuno kepada banyak teknologi modern. Banyak bidang yang bergantung kepada sumber air, terutama di kawasan pelabuhan, seperti penggunaan air bawah tanah, perpipaan untuk saluran air, tanggul dan saluran air hujan, air mancur, air untuk kebutuhan rumah tangga dan serta air untuk tujuan rekreasi. 
Pertambangan 
Orang Yunani membangun tambang-tambang perak sampai di Larium, dan keuntungannya digunakan untuk pembangunan sebagai sebuah pelabuhan dan negara. Bijih-bijih yang ditambang dari dalam tanah dibersihkan dan kemudiannya dileburkan untuk menghasilkan logam perak asli. Tempat-tempat pembersihan bijih ini, yang dipercantik. Pertambangan tersebut dilengkapi tangki-tangki yang menampung air hujan atau salju ketika musim dingin. 
Teknologi 
Perkembangan teknologi yunani Kuno agak terhambat karena pandanganya terhadap buruh, menurut mereka buruh adalah hina dan tidak boleh mengaplikasikan teknologi. 

Bangsa yunani telah memiliki berbagai macam pengetahuan dan teknologi 
yang tinggi, yakni: 

> Menciptakan perahu layar yang ramping sebagai sarana untuk mengarungi laut tengah dan menghubungkan daratan yunani dengan daerah-daerah pantai timur pulau sicilia. 
> Membuat barang-barang dari tanah liat. 
> Menghasilkan karya arsitektur yang megah seperti kuil zeus, kuil partenon dan gedung teater raksasa. 
> Mengembangkan industri untuk menunjang perdagangannya, yakni keramik yang bentuknya beraneka ragam dan dihiasi dengan indah. 
> Menghasilkan karya-karya benda logam berkembang pesat terutama untuk menyediakan alat-alat perang 

Kemajuan bangsa Yunani di bidang ilmu pengetahuan dapat dilihat dari deretan ilmuwan sebagai berikut: 

> Pythagoras, ahli matematika yang melahirkan dalil untuk segitiga siku-siku. 
> Hipokrates, bapak kedokteran. Ia dapat menyebutkan sebab timbulnya penyakit dan cara mengobatinya yang ditulis dalam buku berjudul Aphorismen dan Prognose. Sumbangannya yang terkenal adalah sumpah dokteryang berlaku sampai sekarang. 
> Thucydides: Ahli sejarah yang menulis tentang perang Peloponesos. 
> Archimedes yang menciptakan teori gravitasi dan teori benda mengapung. 
> Thales dengan pendapatnya: alam fisik terdiri dari satu bahan dasar yaitu air. 
> Analisagoras dengan pendapatnya: materi terdiri dari beraneka ragam zat renik. 
> Democritus: ahli atom. 
> Euclid: ahli ilmu ukur. 
> Herodotus: Bapak sejarah yang pertama kali mengembangkan sejarah tertulis. 
> Hipocrates sebagai pelopor ilmu kedokteran

0 Response to "TEKNOLOGI YANG BERKEMBANG PADA MASA YUNANI KUNO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel