PROSPEK KULIAH DI JURUSAN SEJARAH

Untuk memahami prospek kuliah di jurusan sejarah, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu perbedaan antara prodi pendidikan sejarah dengan prodi ilmu sejarah. Sebab, dengan memahami visi dan misi dua prodi tersebut, akan nampak perbedaan antara output yang dihasilkan setelah menimba ilmu kurang lebih empat tahun di bangku strata satu.

Pembahasan di bawah ini bersumber dari website Fakultas Ilmu Sosial Universitas Yogyakarta.

ilustrasi Kuliah

Pendidikan Ilmu Sejarah 

MISI 


1.Membentuk tenaga kependidikan dan non kependidikan profesional dan atau akademik yang dengan berbagai fleksibilitas yang diarahkan untuk membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berkepribadian, menguasai teknologi dan keilmuan sosial di bidang pendidikan sejarah, ilmu sejarah, dan sosiologi, berbudaya kerja sinergis, demokratis, dan responsif terhadap setiap peluang dan perubahan sosial yang kian mengglobal
2.
Menumbuhkembangkan sikap dan kemampuan tenaga kependidikan dan non kependidikan, profesional dar atau akademik untuk mengembangkan ilmu dan teknologi sosial melalui kegiatan penelitian demi kepentingan pendidikan dan pengajaran dan untu, kepentingan pengembangan di bidang pendidlkan sejarah. ilmu sejarah dan pendidikan sosiologi

3.Meningkatkan kemauan dan kemampuan tenaga kependidikan dan non kependidikan, profesional dan atau akademik, untuk mengamalkan dan mengabdikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi kehidupan masyarakat dalam bidang kependidikan dan pengajaran, serta di bidang-bidang kehidupan sosial secara umum


Ilmu Sejarah 
Misi 

Misi Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS dirumuskan sebagai berikut:

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mampu mendorong kemandirian yang memadai serta profesional di bidang kajian Sejarah Kebudayaan.
Menyelenggarakan peneltian di bidang Sejarah Kebudayaan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan masyarkat.
Menyelenggrakan kegiatan pengabdian pada masyrakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat
Tujuan
Untuk melaksanakan misinya itu Jurusan Sejarah Fakultas Sastra UNS menetapkan tujuan pengembangan sebagai berikut :

Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Allah yang Maha Esa, berbudaya dan mempunyai kemampuan akademi dan profesional yang memadai di bidang spesifikasi Sejarah Kebudayaan.
Menghasilkan produk-produk penelitian yang bertumpu dan sekaligus berdampak pada pengembangan pengetahuan yang berwawasan kebudayaan, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat luas.
Menjadi pusat kajian sejarah kebudayaan dan konsultan dalam bidang pembuatan atau perumusan kebjakan pembangunan

Itulah perbedaan antara pendidikan sejarah dan ilmu sejarah Dengan memahami perbedaan tersbut tentu tidak sulit bagi kita untuk mengetahui prospek kuliah di jurusan sejarah.

0 Response to "PROSPEK KULIAH DI JURUSAN SEJARAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel