MENGAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN INFOGRAFIS

PENGERTIAN INFOGRAFIS

Infografis berasal dari kata Infographics (Bahasa Inggris), yang berarti info dalam bentuk grafis. Dari makna katanya, infografis merupakan singkatan dari Information + Graphics,  berupaya melakukan visualisasi data untuk menyampaikan informasi yang kompleks. Tujuannya agar pembaca grafis langsung dapat memahami maksud dari berita yang disampaikan tanpa harus membaca suatu artikel yang lebih panjang. Dengan demikian pesan yang disampaikan kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA:




Infografik adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafik ini memperlihatkan informasi rumit dengan singkat dan jelas,seperti pada papan, peta, jurnalisme, penulisan teknis, dan pendidikan. Melalui infografik, ilmuwan komputer, matematikawan dan statistikawan mampu mengembangkan dan mengomunikasikan konsep menggunakan satu simbol untuk memproses informasi.

Saat ini, infografik ada di segala bentuk media, mulai dari hasil cetakan biasa dan ilmiah hingga papan dan rambu jalan. Infografik mengilustasikan informasi yang memiliki sedikit teks, dan berperan sebagai ringkasan visual untuk konsep sehari-hari seperti rambu berhenti dan jalan.

Infografis dalam pembelajaran sejarah

Alasan utama mengapa infografis digunakan adalah karena mereka membantu membuat kumpulan data kompleks yang dapat dipahami dalam waktu yang sangat singkat. Khusus untuk penggunaan online, mereka berguna saat Anda ingin cepat memberikan informasi yang mereka cari kepada pengguna. Keunggulan lain dari infografis meliputi:


  • memecah kumpulan data kompleks menjadi potongan informasi yang lebih kecil
  • pemahaman yang lebih baik
  • lebih mudah diingat melalui kombinasi gambar dan teks
  • Infografis sering dibagi di media sosial
  • beragam aplikasi (mis., di situs web, siaran pers, brosur, dll.)

Sebagai guru, saya ingin siswa yang saya didik dapat memahami pesan pembelajaran lebih cepat dan mudah. Maka, infografis menjadi salah satu pilihan tepat. Apalagi, saat ini telah banyak website yang menyediakan infografis dalam halaman webnya. Salah satunya adalah web tirto(dot)id.

Berikut contoh infografis yang dibuat oleh tirto.




Hanya saja, salah satu kelemahan infografis adalah tingginya jumlah waktu yang dibutuhkan untuk persiapan. Desainnya sendiri sangat rumit, dan kemudian ada karya grafis yang sebenarnya. Masalah lain adalah infografis sering keluar sebagai tanpa teks. Ini karena Google tidak bisa membaca teks yang ada di grafis. Selanjutnya, mengintegrasikan link yang bisa diklik tidak mudah. Satu hal yang sering bermasalah adalah kenyataan bahwa sebagian besar aplikasi hanya bekerja dengan data terbaru. Akibatnya, datanya cepat ketinggalan jaman dan harus diganti dengan material baru. Ini berarti infografis hanya tetap menarik untuk waktu yang relatif singkat meski harganya mahal.

0 Response to "MENGAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN INFOGRAFIS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel