Pengertian asuransi dan unsur-unsur Asuransi



Hampir setiap orang saat ini membutuhkan asuransi. Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Asuransi dapat dijadikan sebagai  alat untuk memproteksi diri dan keluarga tercinta dari berbagai macam resiko. barangkali Anda saat ini sedang menikmati kekayaan dengan pangkat yang tinggi, namun tidak mau berasuransi, maka segala resiko harus dihadapi sendiri, misalnya suatu waktu kantor kita mengalami kebangkrutan, rumah terbakar, kendaraan terjadi kecelakaan dan rusak berat, siapa yang akan menanggung? Jika kita telah mengasuransikan harta, mobil, rumah, pendidikan anak, serta masa pensiun, barangkali kita dapat mengurangi beban dan tanggung jawab sebagai kepala keluarga.


mari kita meninjau terlebih dahulu definisi dan Pengertian Asuransi :Asuransi adalah suatu alat untuk mengurangi resiko yang melekat pada perekonomian, dengan cara manggabungkan sejumlah unit-unit yang terkena resiko yang sama atau hampir sama, dalam jumlah yang cukup besar, agar probabilitas kerugiannya dapat diramalkan dan bila kerugian yang diramalkan terjadi akan dibagi secara proposional oleh semua pihak dalam gabungan itu.

Artinya transaksi pertanggungan, yang melibatkan dua pihak, tertanggung dan penanggung. Dimana penanggung menjamin pihak tertanggung, bahwa ia akan mendapatkan penggantian terhadap suatu kerugian yang mungkin akan dideritanya, sebagai akibat dari suatu peristiwa yang semula belum tentu akan terjadi atau yang semula belum dapat ditentukan saat atau kapan terjadinya. Sebagai kontraprestasinya si tertanggung di wajibkan membayar sejumlah uang kepada si penanggung, yang besarnya sekian persen dari.. nilai pertanggungan, yang biasa disebut "premi".

Sementara itu, Unsur dalam Asuransi adalah sebagai berikut:

* Tertanggung yaitu orang atau badan hukum yang memiliki atau berkepentingan atas harta benda yang diasuransikan.
* Penanggung adalah pihak yang menerima premi asuransi dari Tertanggung dan menanggung resiko atas kerugian / musibah yang menimpa harta benda yang diasuransikan.
* Kejadian Tidak Pasti yaitu kejadian yang menyebabkan timbulnya resiko atas objek yang dipertanggungkan, misalnya kebakaran, kecelakaan, kematian. Mengenai kematian yang ditutup dengan asuransi jiwa, meskipun kematian merupakan hal yang pasti, namun waktunya adalah tidak pasti sehingga asuransi jiwa dapat memenuhi unsur asuransi.
Demikianlah beberapa istilah dasar dalam asuransi yang wajib kita ketahui, saran kami, kenali dahulu asuransi anda lalu pilih asuransi manakah yang akan anda gunakan. []

0 Response to "Pengertian asuransi dan unsur-unsur Asuransi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel