VIDEO: Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia

shares |

Sarisejarah.com - Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia

Kemerdekaan Indoensia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sama-sama kita pahami bahwa kemerdekaan indonesia tidaklah diraih dengan mudah, bukan pula merupakan pemberian dari negara lain. Jepang adalah negara terakhir yang menjajah bangsa Indoensia sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Bagaimana proses proklamasi kemerdekaan Indonesia? Kemerdekaan Indonesia diawali dari serangkaian peristiwa penting yang sangat berpengaruh terhadap proses kemerdekaan bangsa Indoensia.

Kita patut bersyukur, bahwa kemerdekaan Indonesia pada akhirnya memang dapat terwujud. Oleh sebab itu, mengutip kata-kata Bung Karno yang sangat fenomenal, "jas Merah", maka kita tentu tidak boleh melupakan peristiwa penting seputar proklamasi kemerdekaan.

Apa saja peristiwa tersebut?


  • pemberian janji kemerdekaan jepang kepada Indonesia

Janji kemerdekaan ini, diberikan oleh perdana menteri Kaiso. hal ini tidak dapat dilepaskan dari semakin terdesaknya Jepang dalam perang dunia yang kedua, dimana kekuatan sekutu mulai dapat berkonsolodasi setelah kalah di fase awal perang dunia Ke dua.

Terdesaknya Jepang membawa berkah tersendiri bagi bangsa Indonesia, sebab kemudian INdonesia diberikan Janji kemerdekaan.  Sebagai implementasinya, Jepang memerintahkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indoensia (BPUPKI) yang diketuai oleh Dr Radjiman Wediodiningrat.


  • Pembentukan BPUPKI
BPUPKI bertugas merumuskan dasar negara. mengenai hal tersebut, maka BPUPKI melakukan berbagai serangkaian sidang. Apa saja kemajuan yang dihasilkan dalam sidang BPUPKI? simak dalam video.



  • Peristiwa Hiroshima dan nagasaki
Salah satu faktor paling menentukan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Indoensia adalah jatuhnya bom di dua kota penting Jepang, yaitu di Hiroshima dan Nagasaki. Kedua kota tersebut sangat vital artinya bagi jepang sebab merupakan pusat perekonomian dan perdagangan Jepang. Karena peristiwa inilah nantinya menjadi faktor utama penyebab jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu.


  • Pemanggilan tokoh-tokoh bangsa Ke dalath, Vietnam
Setelah BPUPKI menyelesaikan tugasnya, maka Jenderal Terauchi menginstruksikan Indonesia membentuk PPKI atau Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia. Berkaitan dengan hal tesebut, maka Jenderal Terauchi memanggih tokoh bangsa ke Vietnam, markas Jepang selama berlangsung perang dunia II.
Hasil keputusan disampaikan pada tanggal 11 agustus, bahwasannya Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.


  • Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu
Pasca peristiwa bom Hiroshima dan nagasaki, Jepang semakin terdesak dalam pertempuran. Oleh sebab itu, puncaknya pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang akhirnya menyerah tanpa syarat kepada sekutu.
Dampak dari menyerahnya Jepang adalah, terjadinya vacuum of Power, yaitu kekosongan kekuasaan di Indoensia. keadaan ini disebabkan karena Jepang telah kalah, sedangkan Sekutu belum masuk ke INdonesia.


  • Peristiwa Rengasdengklok
Menyerahnya jepang kepada sekutu didengar oleh kelompok Pemuda Sjahrir. Oleh sebab itu, golongan pemuda mendesak para tokoh bangsa yang telah kembali dari Vietnam untuk segera memproklamasikan kemerdekaan,. pada tanggal 15 Agustus, mereka mengunjungi kediaman Soekarno untuk mendesak keinginan mereka selambat-lambatnya tanggal 16 Agustus harus sudah diproklamasikan kekmerdekaan.
terjadi perbedaan persepsi tentang kemerdekaan antara golongan tua dan golongan muda. (lihat video)

Oleh sebab itu, perbedaan yang tidak dapat diselesaikan tersebut menyebabkan tejadinya peristiwa rengasdengklok.

Untuk lebih jelas bagaimana peristiwa seputar proklamasi, ada baiknya Anda menyimak video berikut ini.


.

Related Posts

0 Komentar: