Foto tertangkapnya SM Kartosuwiryo

shares |

Judul asli: Tertangkapnya Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo, Punahnya Pemberontakan DI/TII.

Foto: Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo ditangkap hidup-hidup di Gunung Geber, Majalaya. Jawa Barat, pada tanggal 4 Juni 1962.

Di Jawa Barat operasi-operasi militer dilancarkan dengan mengikut sertakan rakyat, yang kemudian dikenal sebagai Pagar Betis. Kerja sama dengan rakyat ini mempercepat berhasilnya penumpasan DI/TII di Jawa Barat.

Pada tanggal 4 Juni 1962, Kartosuwirjo yang ditinggalkan oleh anak buahnya ditangkap beserta keluarga dan pengawalnya di atas Gunung Geber di daerah Majalaya (di Selatan Bandung) oleh kesatuan-kesatuan Siliwangi dalam rangka Operasi Bratayudha.

Pada tanggal 14 Agustus 1962 Kartosuwirjo diajukan ke muka Mahkamah Angkatan Darat dalam Keadaan Perang untuk Jawa-Madura dan dijatuhi hukuman mati pada tanggal 16 Agustus 1962.

Dengan ditangkapnya gembong DI/TII ini, berakhirlah pemberontakan DI/TII di Jawa Barat yang telah berlangsung sejak masa Perang Kemerdekaan.

Demikian pula, gerakan-gerakan DI/TII di daerah-daerah lainnya pun satu per satu dihancurkan: Ibnu Hadjar di Kalimantan Selatan, Daud Beureueh di Aceh, dan Kahar Muzakar di Sulawesi Selatan.

Sumber: group fb indonesia tempo doeloe

Related Posts

0 Komentar: