BUNG KARNO DAN IBRAHIM ADJIE

shares |

BUNG KARNO DAN IBRAHIM ADJIE.

Selain Ahmad Yani, sosok seperti Ibrahim Adjie pun memiliki kedekatan tersendiri dengan sang Pemimpin Besar Revolusi, Bung Karno. Bahkan secara pribadi Bung Karno menganggap Ibrahim Adjie layaknya seorang anak.

Begitu dekatnya, hingga dua hari paska terjadinya Gerakan 30 S, secara diam diam bahkan terkesan terburu buru, Bung Karno mengirimkan surat kepada Ibrahim Adjie – yang ketika itu menjabat sebagai pangdam VI Siliwangi.

Surat berkop Ajudan Presiden (kata ajudan lantas dicoret oleh BK) berbunyi: Anakda I. Adjie, Kodam VI Harap kerdja-sama sebaik-baiknya dengan sdr. Wiriadinata, menjelamatkan AURI, ADRI dan Revolusi. Keselamatan AURI dan ADRI adalah mutlak - perlu untuk menghadapi Nekolim. Bapak Sukarno 3-10-1965 Wiriadinata yang disebut Bung Karno, tak lain adalah Marsekal Muda Udara R.H.A. Wiriadinata. Urang Sumedang yang kala itu menjabat sebagai Irjen Mabes AURI.

Dalam situasi yang tak jelas (siapa kawan siapa lawan) kala itu, wajar sekiranya jika kedua perwira tinggi tersebut dianggap dan dipercaya oleh Bung Karno sendiri, mengingat kedekatan diantara mereka.

Lantas berhasilkah mereka berdua mengemban amanah Bung Karno tersebut? Perjalanan Sejarah menyatakan; tidak. Sebelum mereka bergerak lebih jauh, Ibrahim Adjie kemudian "didubeskan" ke London, Inggris dan Wiriadinata "disipilkan" menjadi wakil gubernur di DKI Jakarta, mendampingi Ali Sadikin.

Lalu sejarah pun mencatat bahwa  segala hal yang berbau Soekarno akan bernasib tragis, dikebiri dan dikerdilkan. Bahkan loyalis sang Presiden dari Angkatan Laut, Jenderal Hartono, menjadi sasaran operasi intelejen yang lazim disebut sebagai Operasi Lumba-lumba.

Tak ada yang tersisa dari Bung Karno dan sejak itu resmilah sudah pernikahan antara diktatorisme dengan nekolim di Indonesia tercinta. Foto: Bung Karno, Ny. Milica Adjie dan Letjen Ibrahim Adjie (dokumen keluarga Ibrahim Adjie) Sumber : Adaptasi dari FB Hendi Jo dan sumber lain.

http://www.insgrum.com/media/1283754708837760962_2166640058

Related Posts

0 Komentar: