Thursday, January 12, 2017

Yuk belajar contoh-contoh peristiwa sinkronik



Dalam pembelajaran ilmu sejarah, kita sering mendengar istilah peristiwa diakronik, sinkronik, dan kronologis. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas contoh-contoh peristiwa sinkronik.
Namun, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan peristiwa sinkronik. Anda dapat membaca artikel kami terdahulu tentang ;

pengertian konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik.

Menurut Galtung, sejarah adalah ilmu diakronis berasal dari kata diachronich; ( dia dalam bahasa latin artinya melalui/ melampaui dan chronicus artinya waktu ). Diakronis artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang.

Sinkronis artinya meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu.

Kronologi adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu dapat juga membantu untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat berbeda yang terkait peristiwanya.

Pendekatan sinkronis menganalisa sesuatu tertentu pada saat tertentu, titik tetap pada waktunya. Ini tidak berusaha untuk membuat kesimpulan tentang perkembangan peristiwa yang berkontribusi pada kondisi saat ini, tetapi hanya menganalisis suatu kondisi seperti itu.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan 10 Contoh peristiwa sinkronik berikut yang kami ambil dari brainly:

  • Peristiwa penumpasan G30SPKI oleh TNI dalam memperjuangkan Pancasila sebagai ideologi bangsa. 
Peristiwa G30S PKI ini jugalah yg dianggap sebagai tonggak awal lahirnya kelak sebuah pemerintahan yg disebut “Orde Baru”. Setelah peristiwa ini Presiden Soekarno dianggap sudah tidak mampu lagi memegang pemerintahan, sidang pertanggungjawaban presiden pun ditolak MPRS. Dan berkat adanya surat “sakti” Supersemar, mau tidak mau akhirnya pemerintahan beralih ke Soeharto. Soeharto pun akhirnya diangkat menjadi Presiden RI, dan berkuasa lebih dari 32 tahun.
  • Reformasi, lahirnya politik baru   
Krisis Moneter menimpa Indonesia tahun 1997 hingga 1998. Akibatnya rupiah jauh melemah, harga-harga melambung tinggi, pengangguran meningkat, inflasi, sehingga menyebabkan rakyat semakin sengsara dan menderita. Presiden Soeharto dianggap tidak mampu untuk mengatasi Krisis Moneter tersebut dan hanya mementingkan kekuasaan. Hal ini akhirnya membuat rakyat marah sehingga terjadilah pergerakan revolusi besar-besaran yg dimotori oleh mahasiswa. 

  • Berdirinya Budi Utomo, cikal bakal gerakan Nasional
Budi Utomo adalah organisasi yg bersifat persatuan nasional (kebangsaaan) pertama yg berdiri di tanah air Indonesia. Organisasi inilah yg menjadi cikal bakal berdirinya organisasi-organisasi persatuan nasional lain yg memperjuangkan kemerdekaan. Seperti Indistjche Party (IP), Serkat Dagang Islam (SDI) yg kemudian jadi Serikat Islam, organisasi kepemudaan seperti Jong Java, Jong Sumatra Bond, dll. 

  • Kongres Pemuda, Sumpah Pemuda 
Berkat gagasan itulah akhirnya para pemuda indonesia yg tergabung dalam Jong Java, Jong Sumatra Bond, Jong Celebes , dll. Akhirnya sepakat mebuat kongres Sumpah Pemuda 1 di Batavia tahun 1926 yg menghasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya.

  • Proklamasi Kemerdekaan, sejarah penting Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indoneisia 17 Agustus 1945 menjadi tonggak awal berdirinya sebuah negara berdaulat yaitu “Republik Indonesia”. Pada hari itu seluruh dunia melihat hasil akhir perjuangan sebuah bangsa selama lebih dari 350 tahun akhirnya mendapatkan hasilnya yaitu “Kem erdekaan” yg diraih atas perjuangan sendiri.

  • 10 November, Hari Pahlawan
Peristiwa paling heroik yg tentu saja paling diingat adalah pertempuran 10 November 1949 di Surabaya. Arek-arek Suroboyo dengan gagah berani tanpa mengenal rasa takut berjuang melawan tentara sekutu. Bahkan mereka berhasil menewaskan Mayjend Mallaby yg membuat sekutu makin berang. Perobekan bendara di hotel Yamato pun menjadi saksi diiringi pekik semngat yg dikobarkan oleh Bung Tomo.


  • Trikora
Negara Republik Indonesia akhirnya diakui secara internasional oleh PBB namun masih menunda penyerahan Irian Barat yg masih dikuasai Belanda. Hal ini tentu saja membuat Presiden Soekarno tidak senang karena Irian Barat adalah bagian dari Indonesia. Presiden Soekarno pun akhirnya meluncurkan operasi yg diberi nama operasi Trikora (tri komando rakyat) yang bertujuan menjadikan Irian Barat sebagai bagian dari Republik Indonesia.



  • Konfrensi Asia Afrika
Indonesia menjadi tergerak untuk ikut membantu perjuangan kemerdekaan negara-negara lainnya terutama yg berada di Asia dan Afrika untuk bisa merdeka. Indonesia pun menjadi pelopor berdirinya Konferensi Asia Afrika yg akhirnya berkat KAA banyak negara di Asia dan Afrika berhasil meraih kemerdekaannya. KTT Asia Afrika pertama pun diadakan di Indonesia tahun 1955. 


  • Timor timor
Banyak terjadi gejolak politik terutama pemberontakan yg dilakukan oleh kelompok separatis Fretilin. Fretilin berusaha untuk memisahkan Provinsi Timor Timur dari Republik Indonesia. Mereka melakukan perang gerilya dan menyatakan mendirikan negara merdeka sendiri yg bernama Timor Leste.

  • Pemilu Pertama Indonesia
Indonesia menyelenggarakan pemilu pertama yg dilangsungkan secara demokratis. Inilah pemilu pertama di Indonesia dimana presidennya dipilih langsung oleh rakyat. Saat itu yg terpilih adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Demikianlah pembahasan tetnang contoh sinkronik, semoga bermanfaat. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah