Thursday, August 18, 2016

Tahukah Kamu Pesan Di Balik Ucapan Hari Fotografi yang Disampaikan Facebook Hari Ini? Inilah Jawabanya




sarisejarah.com -  Tahukah Kamu Pesan Di Balik Ucapan Hari Fotografi yang Disampaikan Facebook Hari Ini? Inilah Jawabanya


Netizen penguna aplikasi jejaring sosial Facebook, pagi tadi disapa oeh Facebook dengan ucapan Selamat Hari Fotografi. Ini merupakan apresiasai Facebook terhadap perkembangan dunia fotografi dunia. Bagaimanapun juga Facebook dan fotografi merupakan dua hal yang saling berkaitan. Facebook memberikan fitur album-album foto, dan pengguna aplikasi ini  dengan leluasa bisa mengunggah foto-foto karyanya untuk selanjutnya diapresiasi oleh pengguna lain berupa komentar dan fitur "like".


Taukah Anda mengapa hari ini, 19 Agustus, diperingati sebagai hari fotografi dunia. Beginilah sejarahnya.

Adalahn seorang Louis-Jacques-Mandé Daguerre, ahli kimia yang juga merupakan seorang seniman dari Perancis. Daguerre lahir di kota Cormeilles, Perancis Utara, Perancis pada tahun 1787, dengan nama lengkap Louis Jacques Mande Daguerre.

Daguerre muda, menggeluti bidang kesenian. Sebagai seorang seniman, pada usia pertengahan tiga puluh, dia berhasil merancang diograma, yaitu barisan lukisan pemandangan yang dipertunjukkan secara mempesona dengan bantuan efek cahaya. Dari sini, kemudian dia mengembangkan suatu mekanisme untuk melukiskan kembali pemandangan yang ada di dunia secara otomatis tanpa menggunakan cat dan kuas.

Dalam mewujudkan gagasannya tidaklah mudah, Daguerre mengalami banyak kesulitan dan kegagalan, terutama pada rancangan pertamanya. Ia sendiri mengadakan percobaan untuk menciptakan gambar pada 1824, konsepnya adalah mempertunjukkan diorama dengan berkeliling Perancis, Inggris, dan Skotlandia.

Pada tahun 1827 dia bertemu dengan Joseph Nicéphore Niépce. Joseph adalah seseorang penemu yang waktu itu juga sedang menciptakan kamera dengan karya foto pertamanya pada tahun 1826, berupa gambar kabur atap rumah yang diambil dari jendela, yang terdapat pada lempengan campuran timah yang dipekakan. Daguerre kemudian mengadakan kongsi pada tahun 1829 untuk mengembangkan kamera, dan terus dilanjutkan meski pada tahun 1833 Niepce meninggal dunia. Ketekunannya menghasilkan sistem praktis untuk fotografi yang dikenal dengan daguerreotype

Daguerre mempublikasikan temuannya pada tahun 1839 dengan memamerkan pelat tembaga berlapis perak yang menampilkan bayangan sebuah jalan di Paris dimana terdapat gambar orang yang tidak dikenal yang merupakan orang pertama yang difoto. Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis yang mengumumkan prosesnya pada 9 Januari tahun itu.

Selanjutnya, paten Daguerre diambil alih oleh Pemerintah Perancis, dan pada tanggal 19 Agustus 1839 Pemerintah Perancis mengumumkan penemuan itu merupakan hadiah "sumbangan untuk dunia".Metode miliknya kemudian dikembangkan menjadi metode yang dapat digunakan oleh khalayak ramai.

Sebagai penghargaan, Pemerintah Perancis menghadiahkan uang pensiun seumur hidup kepada Daguerre dan keluarga Niepce. Daguerre meninggal dunia pada 1851 di kota kelahirannya.

Itulah sejarah tentang penemuan fotografi yang  dilakukan Daguerre. Tanpa ketekunan dan kesabaran seorang Daguerre, boleh jadi saat ini kita tidak akan bisa stalking foto mantan di akun Facebooknya.


0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah