Mengenal Asuransi Mobil dan Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil

shares |

Banyak orang memiliki asuransi namun sangat sedikit orang memperhatikan asuransi untuk mobilnya. Perlindungan dan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan menjadi hal dasar yang selalu dipersiapkan oleh setiap orang. Salah satu bentuk layanan perlindungan ini sering kita kenal sebagai "Asuransi".


Jenis perlindungan asuransi ini sendiri pada awalnya hanya berkutat pada jenis perlindangan jiwa seperti kesehatan dan kematian. Namun seiring dengan perkembangan jaman, asuransi tidak saja memberi perlindungan pada kesehatan dan jiwa, tetapi juga kepada harta benda seperti mobil.



Asuransi mobil merupakan jenis asuransi khusus untuk mobil, dimana resiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Sama halnya dengan produk asuransi lain, asuransi mobil memerlukan Anda untuk membayar sejumlah premi pada setiap periode waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Fasilitas Perlindungan Asuransi Mobil
Perusahaan asuransi mobil memberikan beragam produk asuransi dan berbagai macam jenis keuntungan, antara Anda mencari asuransi mobil dengan perlindungan yang luas hingga harga premi asuransi yang rendah ataupun asuransi mobil termurah dan terpercaya.


Asuransi mobil tersedia berbagai macam keuntungan, perlindungan, fitur maupun fasilitas yang diberikan oleh perusahaan asuransi yakni, layanan darurat, tanggung jawab hukum pada pihak ketiga, kecelakaan, pencurian, kebakaran, penggantian mobil, perlindungan huru-hara, mobil derek, biaya medis, ambulans, santunan kecelakaan diri, dan bencana alam.

Jenis Perlindungan Asuransi Mobil
Polis Produk asuransi mobil terdiri dari 2 kondisi perlindungan atas kendaraan bermotor sesuai keinginan Anda:
  • Comprehensive (komprehensif atau all risk): menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian (partial Loss) maupun keseluruhan (total loss), yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.
  • Total Loss Only (TLO): menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan, hanya jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri
Ketentuan Besarnya Premi Asuransi Mobil
Untuk perhitungan premi asuransi mobil, tersedia beberapa faktor utama yang mempengaruhi jumlah premi dibayar pada setiap tahunnya, yakni: berbagai fitur perlindungan seperti tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, biaya perawatan dan perluasan perlindungan terhadap bencana alam, rusuh atau huru-hara, sabotase, pencurian.


Selain itu juga Cubic Centimetres (CC), tahun perakitan, aksesoris, jenis dan tipe mobil yang diasuransikan merupakan penentu dari jumlah nilai pertanggungan mobil Anda (harga pasaran mobil). Logikanya premi yang dibayarkan akan dikalkulasikan berdasarkan dari:

  • Untuk perlindungan dasar: "Nilai Pertanggungan x Suku Premi"
  • Untuk perlindungan tambahan terhadap bencana alam, rusuh/huru-hara, sabotase: "Nilai Pertanggungan x Suku Premi Perlindungan Tambahan"
  • Untuk perlindungan tanggung jawab hukum pihak ketiga: "Nilai Perlindungan x Suku Premi TJHPK"
  • Untuk perlindungan kecelakaan diri: "Nilai Perlindungan x Suku Premi Kecelakaan Diri"
  • Perbedaan Antara Perlindungan Komprehensif dan Total Loss Only.
sumber: http://mandalahealths.blogspot.com/2016/06/mengenal-asuransi-mobil-dan-fasilitasnya.html

Related Posts

0 Komentar: