Jika BPJS terblokir, segera lakukan langkah-langkah ini!

shares |

Salah satu penyebab BPJS terblokir adalah dikarenakan pembayaran yang seret atau mengalami keterlambatan. Atau bisa juga apabila peserta tidak mengaktifkan fasilitas autodebet ketika mendaftar. jika anda terlambat lebih dari 3 bulan kartu anda akan non aktif atau manfaat dari kartu bpjs untuk berobat jelas hilang.
Banyak sekali di jumpai peserta yang malas bayar hingga 1 tahun,saat masih sehat jelas orang lupa akan bpjs saat mereka sakit akan teringat dengan bpjs,cara membuka blokir bpjs pada prinsipnya membayar bulan yang tidak dibayar plus ditambah denda yang nantinya bisa membuka blokir kartu bpjs itu sendiri.denda pembayaran adalah 2% namun akan anda peraturan baru denda bpjs sebesar 2,5%.dan pada prinsipnya cara membuka blokir kartu bpjs adalah dengan melunasinya.

Jika kartu BPJS sudah terlanjur terblokir, inilah langkah langkah yang harus dilakukan:
1.Bawa kartu bpjs anda
2.Lakukan pembayaran ke Bank lewat atm,kantor pos juga bisa atau indomaret
3.Bayar sesuai tagihan atau jika anda ingat dengan jumlah bulan telat bisa disesuaikan
4.Jika sudah membayar namun kartu belum aktif silahkan datang ke kantor bpjs terdekat dengan membawa bukti kwitansi pelunasan bpjs dan kartu bpjs anda
Sering sekali muncul pertanyaan peserta jika tidak mempu bayar bpjs dan juga dendanya bagaimana? anda bisa pindah ke jenis peserta PBI atau penerima bantuan iuran.
Jika anda terlambat membayar iuran bpjs lebih dari 1 tahun biasanya pembukaan blokir kartu bpjs harus manual dengan datang ke kantor bpjs terdekat dengan membawa kwitansi pelunasan iuran bpjs selama 1 tahun ditambah denda 2%.
Semoga membantu ya,pada prinsipnya untuk peserta bpjs mandiri bayarlah iuran tepat setiap bulanya karena lebih enteng dan akan menjadi berat jika telat dalam membayar iuran bpjs apalagi sampai bertahun tahun. []

Related Posts

0 Komentar: