Tuesday, June 14, 2016

Mengapa Colosseum bisa sangat kokoh?


Sarisejarah.com - Mengapa Collsseum bisa sangat kokoh?
Colosseum adalah satu dari tujuh keajaiban dunia yang terletak di Italia. Colosseum adalah tempat "bersenang-senang" bagi kaisar Romawi saat itu yaitu menyaksikan pertarungan para gladiator melawan singa kelaparan.
Nah yang menarik adalah, bangunan Colosseum sampai saat ini sangat kokoh dan tak gampang roboh. apa rahasianya?
rahasia colosseum

Bangunan Colosseum yang tampak pada gambar di atas adalah kondisi saat ini. Bangunan itu dibangun kekaisaran Romawi. Kokohnya bangnunan tersebut menarik ketertarikan beberapa ilmuwan dari University of California untuk lakukan riset tentang bahan rahasia yang dipakai oleh bangsa Romawi.

Saat ini, beberapa ilmuwan itu sudah temukan bahan rahasia itu. Rupanya rahasia dari bangunan kokoh bangsa Romawi yaitu abu vulkanik.

Arsitektur Romawi memakai semen yang digabung dengan abu vulkanik, air, tanah liat, serta batu kapur. Diluar itu, kombinasi semen itu diletakkan pada suhu yang rendah hingga bisa kurangi kandungan karbon dalam semen.

Rahasia bangunan Romawi yang kokoh " Bila kita bisa temukan langkah untuk memasukkan komponen pengganti dari batu vulkanik dalam produksi semen, jadi kami dapat kurangi kandungan emisi karbon, " tutur Dr Marie Jackson. " Kami dapat juga tingkatkan ketahanan serta ketahanan bangunan dari saat ke saat. "

Sebagian bangunan kuno Romawi yang berusia panjang yaitu Colosseum serta The Pantheon di Roma. Ke-2 bangunan ini terdaftar masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah