Sunday, March 6, 2016

Sumber Sejarah kerajaan Aceh


Sarisejarah.com - Sumber Sejarah Kerajaan Aceh
Sumber Sejarah Kerajaan Aceh merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat untuk merekonstruksi sejarah kerajaan Aceh, diantaranya berupa benda, tulisan, maupun kisah atau hikayat.
Peninggalan islam di nusantara banyak diantaranya yang berasal dari Aceh , seperti:
a)    bustanussalatin dan Tibyan fi Ma’rifatil Adyan karangan Nuruddin ar-Raniri pada awal abad ke -17.
b)    Kitab Tarjuman al-Mustafid yang merupakan tafsir Al-Qur’an Melayu pertama karya  Shaikh Abdurrauf Singkel tahun 1670-an
c)    Tajussalatin  karya Hamzah Samsuri.

Ini bukti bahwa Aceh sangat berperan dalam pembentukan  tradisi intelektual islam di Nusantara.
    Masjid Raya Baiturrahman
 
Peninggalan kerajaan Aceh yang pertama dan yang paling dikenal adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang dibangun Sultan Iskandar Muda pada tahun 1912 M berada di pusat kota Banda Aceh. Saat agresi militer belanda II, masjid ini sempat dibakar. Namun pada selang 4 tahun setelahnya , Belanda membangunnya kembali untuk merendam amarah rakyat Aceh yang hendak berperang merebut shaid.
Saat bencana tsunami melanda Aceh pada 2004 lalu, Masjid peninggalan sejarah islam di Indonesia satu ini menjadi pelindung bagi sebagian masyarakat Aceh. Kekokohan bangunannya tak bisa digentarkan oleh sapuan ombak laut yang kala itu meluluh lantahkan di kota Banda Aceh.
    Benteng Indrapatra

    Peninggalan kerajaan Aceh yang selanjutnya adalah benteng Indrapatra. Benteng ini merupakan benteng pertahanan yang sebetulnya sudah mulai dibangun sejak masa kerajaan lamuri, Kerajaan Hindu tertua di Aceh, tepatnya sejak  abad ke-7 M. Benteng yang kini terletak  didesa Ladong , Kec.Masjid Raya , Kab.Aceh Besar ini pada masanya dulu memiliki peranan penting dalam melindungi rakyat dari serangan meriam yang diluncurkan kapal perang Portugis.
    Sekarang , kita hanya dapat menemukan dua benteng yang masih kokoh berdiri. Benteng tersebut berukuran 70 m x 70 m dengan tinggi 4m dan tebal sekitar 2m. selain menjadi peninggalan bersejarah, Benteng Indrapatra kini juga dikenal sebagai ojbek wisata unggulan Kab.Aceh Besar. Gaya arsitekturserta keunikkan kontruksinya yang hanya terbuat dari susunan batu gunung ini membuat orang penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya.


    Gunongan