Sunday, March 6, 2016

Sarisejarah.com - Faktor Pendorong Kemajuan dan Faktor Penyebab kemuduran Kerajaan Aceh


Sarisejarah.com - Faktor Pendorong Kemajuan dan Faktor Penyebab kemuduran Kerajaan Aceh
Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ibrahim pada tahun 1514 dan mencapai puncak kejayaan pada masa Sultan Iskandar Muda. Sebagaimana diketahui bahwa Kerajaan Aceh merupakan kerajaan Islam yang terletak di kawasan yang strategis yaitu di pulau Sumatra bagian utara dan dekat jalur pelayaran perdagangan internasional. Hal tersebut yang menyababkan Kerajaan Aceh sebagai Kerajaan Islam mengalami masa kejayaan. Namun bukan berarti hal tesebut menjadi satu-satunya faktor pendorong kejayaan Kerajaan islam tersebut. Berikut merupakan pembahasan tentang faktor pendorong kejayaan atau kemajuan kerajaan Aceh. diantaranya adalah sebagai berikut:
    Faktor Pendorong Kemajuan
•   Letaknya strategis dipintu gerbang pelayaran internasional, yaitu yang menghubungkan antara Cina/Tiongkok, India, dan jalur perdagangan lainnya
•    Pelabuhan Olele memiliki persyaratan sebagai pelabuhan dagang yang baik. Hal ini tidak terlepas dari jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511 yang mendorong tumbuhnya kota-kota pelabuhan baru yang berada disekitar selat malaka.
•    Aceh kaya akan tanaman lada. Sebagaimana diketahui bahwa rempah-rempah merupakan komoditas perdagangan yang laku keras di pasaran saat itu, sehingga Aceh yang memiliki kekayaan alam berupa rempah-rempah terdorong menjadi negara tradisional yang sangat maju.
•    Aceh berkembang pesat setelah Maluku dikuasai Portugis. Portugis menguasai Maluku setelah mengadakan perjanjian dengan Spanyol yaitu perjanjian Saragosa yang memaksa Spanyol menyingkir ke Filipina.
•    Para pedagang islam memindahkan kegiatan berdagang dari Malaka ke Aceh. Aceh mencapai kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1635). Karena menjadi pusat agama islam, Aceh sering disebut Serambi Mekkah.
Sultan Iskandar Muda



    Faktor Penyebab Kemunduran
•    Kekalahan perang antara Aceh melawan Portugis(1629).
•    Pengganti Sultan Iskandar Muda kurang cakap.
•    Permusuhan antara kaum muda.
•    Daerah yang jatuh dari pemerintah pusat , melepaskan diri dari Aceh.


0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah