Mengenal Stasiun kereta Api Tuntang Kab Semarang

shares |

Stasiun Tuntang (TTG) merupakan stasiun kereta api yang terletak di kecamatan Tuntang dan berada di daerah perbatasan antara Salatiga dan kabupaten Semarang. Stasiun yang terletak pada ketinggian ±464 m ini terletak di Daerah Operasi IV Semarang. Kini stasiun tuntang berada dalam kawasan Museum Ambarawa.
Stasiun ini dahulu dibangun pada tahun 1871 dan pada 21 Mei 1873 dioperasikan. Stasiun Tuntang merupakan stasiun kelas III di jalur ini. Namun semenjak jalur yang menghubungkan Yogyakararta dan Kedungjati pada tanggal 1 Juni 1970 ini ditutup, stasiun ini dijadikan museum. Stasiun ini waktu baru ditutup sempat melayani kereta wisata Ambarawa-Tuntang namun itu tak berlangsung lama karena faktor rel yang rusak. Sebelumnya jalur sempat mangkrak ketika layanan kereta wisata ke Tuntang dihentikan, tapi jalur kembali dibuka tahun 2002 setelah direnovasi. Mulanya, stasiun ini hanya dapat melayani lori Ambarawa-Tuntang. Namun pada tahun 2009 dimulailah renovasi dan stasiun ini melayani kereta uap wisata lagi.
Kanopi dan peron stasiun tuntang
Exixting stasiun tuntang
Direncanakan jalur menuju Kedungjati akan dihidupkan kembali dan hal ini terwujud dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo serta PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Stasiun Ambarawa, hari Senin 14 Januari 2013. Rencananya jalur ini akan digunakan untuk angkutan penumpang dan wisata. Direncanakan kereta api komuter akan melayani pengguna kereta api di Jalur Ambarawa, Tuntang dan Kedungjati hingga Semarang.
Gudang stasiun tuntang 2015
Gudang stasiun tuntang
Ke arah utara, rel masih ada. Namun hanya 300 meter setelah itu rel mulai timbul tenggelam. Saat ini Stasiun Tuntang mempunyai 2 jalur kereta api dan 1 jalur kereta api baru yang sedang dibangun disebelah gudang. Saat ini juga ada dipo lokomotif yang baru dibangun. Rencananya dipo lokomotif yang terletak disebelah timur Stasiun Tuntang ini akan menyimpan berberapa lokomotif diesel. Direncanakan Stasiun Tuntang akan dijadikan museum lokomotif diesel.
sumber: heritage.kereta-api.co.id

Related Posts

0 Komentar: