Apa saja yang dijamin dalam BPJS KETENAGAKERJAAN?

shares |

Apa saja yang dijamin dalam BPJS KETENAGAKERJAAN?
Sebagai tenaga kerja, kita memerlukan berbagai fasilitas untuk mendapatkan jaminan bagi kesejahteraan tenaga kerja. BPJS ketenagakerjaan hadir sebagai solusi jaminan sosial bagi tenaga kerja. Meskipun banyak pihak masih ragu terhadap layanan fasilitas BPJS ketenagakerjaan, namun tulisan ini barangkali bisa memberikan sedikit pencerahan tentang apa saja yang dijamin dalam BPJS Ketenagakerjaan sekaligus menjawab keraguan masyarakat.
BPJS KETENAGAKERJAAN memiliki beragam program yang dapat diikuti kita sebagai tenaga kerja, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jaminan hari Tua (JHT): Program Jaminan Sosial merupakan program perlindungan yang bersifat dasar bagi tenaga kerja yang bertujuan untuk menjamin adanya keamanan dan kepastian terhadap risiko-risiko sosial ekonomi
  2.  Program jaminan Kecelakaan Kerja (JKK): Kecelakaan kerja termasuk penyakit akibat kerja merupakan risiko yang harus dihadapi oleh tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya.
  3. Program Jaminan Kematian (JKM) : Jaminan Kematian diperuntukkan bagi ahli waris dari peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja 
  4.  Program Bukan Penerima Upah (BPU) : Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi : Pemberi Kerja; Pekerja di luar hubungan kerja atau Pekerja mandiri dan Pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima Upah, contoh Tukang Ojek, Supir Angkot, Pedagang Keliling, Dokter, Pengacara/Advokat, Artis, dan lain-lain.
  5. Program Jasa Konstruksi : Jasa Konstruksi adalah layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan layanan konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi
  6. Program Jaminan Pensiun ;Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Manfaat pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia. 
Demikian pembahasan tentang enam program dalam BPJS KETENAGAKERJAAN yang dapat dipilih, semoga bermanfaat. []

Related Posts

0 Komentar: