Sumber-sumber sejarah tentang masuknya agama Islam ke Indonesia

shares |

Sarisejarah.com - Sumber-sumber sejarah tentang masuknya agama Islam ke Indonesia
Terdapat berbagai Sumber-sumber sejarah tentang masuknya agama Islam ke Indonesia, diataranya adalah berita dari dalam negeri dan berita asing/luar negeri.
Berita asing adalah berita yang bersumber dari luar negeri, ditulis oleh para musafir yang pernah singgah ke Indonesia. Negara negara timur memang memiliki tradisi tulis yang baik sehingga kemanapun mereka singgah, mereka tidak pernah lupa menulis peristiwa yang mereka saksikan dalam buku catatan mereka. kini catatan catatan tersebut menjadi sumber sejarah yang otentik.
Adapun berita dalam negeri adalah bukti bukti tetnang masuknya agama Islam ke Indonesia yang dapat dilihat dari dalam negeri, keberadaannya dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, baik berupa batu nisan, makam dan catatan-catatan.
adapun penjelasan tentang sumber-sumber sejarah tentang masuknya agama islam ke indonesia adalah sebagai berikut:

Berita Asing, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Berita Arab: Pedagang Arab telah masuk ke Indonesia sejak masa Kerajaan Sriwijaya (abad 7 M). Terbukti dengan adanya sebutan para pedagang Arab untuk Kerajaan Sriwijaya yaitu zabaq, zabay atau sribusa.
  2. Berita Eropa: Tertulis dalam catatan perjalanan Marcopolo (Italia). Dalam perjalanan pulang dari negeri Cina menuju Persia, ia singgah di Aceh tahun 1292. Di Aceh, ia menjumpai penduduk yang beragama Islam dan banyak pedagang Gujarat yang giat menyebarkan Islam.
  3. Berita Cina: Ma Huan, seorang musafir Cina yang beragama Islam, mengatakan sekitar tahun 1416 telah ada pedagang-pedagang Islam yang tinggal di pantai utara Jawa
Berita dari dalam negeri:
  1.  Batu nisan Fatimah binti Maimun  di Leran, Gresik, berangka tahun 1082 M yang bertuliskan Arab. Membuktikan, Islam sudah masuk ke Jawa Timur pada masa itu. Fatimah binti Maimun diyakini sebagai orang yang mula mula memeluk islam di Indonesia
  2. Makam Sultan Malik as Saleh (1297) di Sumatera (raja Samudera Pasai). Disimpulkan bahwa untuk pertama kalinya muncul raja beragama Islam dengan gelar “sultan”. Sultan Malik as Saleh merupakan raja dari Samudera Pasai.
  3. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim (1419) di Gresik. Pada makam ini terdapat tulisan-tulisan Arab. Syekh maulana Malik Ibrahim dikenal sebagai salah satu anggota walisongo yang menyebarkan agama islam di Indonesia.
Demikianlah materi tentang sumber sejarah masuknya agama islam ke Indonesia, semoga bermanfaat. []

Related Posts

0 Komentar: