Monday, January 11, 2016

Pre test Sejarah Indonesia Masa Pendudukan Jepang


Sarisejarah.com - Pre test Sejarah Indonesia Masa Pendudukan Jepang
Masa Pendudukan Jepang dalam struktur kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah Indonesia masuk dalam materi kelas XI semester genap. Dalam mempelajari masa pendudukan Jepang dengan judul "tirani matahari terbit" saya mengadakan pre test untuk menguji kemampuan awal siswa siswi saya. berikut merupakan soal pre test beserta uraian kunci jawaban hasil diskusi siswa.
serangan jepang di Pearl harbour


Pre test Masa Pendudukan Jepang

1.    Mengapa Jepang terlibat dalam perang dunia II?
2.    Apa keterkaitan antara perang dunia II dengan masuknya Jepang ke Indonesia?
3.    Mengapa kedatangan Jepang di Indonesia disambut dengan sukacita?
4.    Apa propaganda yang dilancarkan Jepang kepada bangsa Indonesia supaya Indonesia membantu Jepang dalam perang Asia Timur raya?
5.    Sebutkan kebijakan pemerintah Dai Nippon (pemerintah militer Jepang) yang kamu ketahui!
6.    Apa dampak positif dan negatif pendudukan Jepang di Indonesia yang kamu ketahui?
7.    Jika harus memilih salah satu, kamu memilih dijajah oleh Belanda atau Jepang?
8.    Apakah kamu setuju pernyataan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hadiah dari Jepang?
Jawab:
1.    Sejak Restorasi Meiji, Jepang merupakan sebuah negara yang terbuka terhadap pengaruh asing. Oleh sebab itu, Jepang kemudian mengalami banyak perubahan menuju modernitas, salah satunya mengubah dirinya menjadi sebuah negara Industri. Jepang terlibat dalam perang dunia kedua dikarenakan ambisinya sebagai sebuah negara industri yang ingin melebarkan kekuasaan sebagai negara kapitalis. Sebagai negara industri, Jepang membutuhkan pasokan bahan baku yang tidak dapat dipenuhi dari negaranya sendiri, membutuhkan tenaga kerja/buruh murah, modal kapital dan membutuhkan tempat pemasaran yang strategis. Oleh sebab itu, dengan adanya kesamaan ideologi dengan Italia dan Jerman, yaitu ideologi fasisme, menyebabkan Jepang bergabung di blok poros/sentral yang disebut blok Axis. Blok ini berhadapan dengan blok sekutu, diantaranya Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Belanda, Cina, dan Rusia.
2.    Keterkaitan antara Perang dunia kedua dengan masuknya Jepang ke Indonesia adalah perang dunia kedua yang ditandai dengan serangan kilat Jerman ke Polandia, telah memulai pertempuran hebat di dunia. Sehingga pertempuran meluas hingga ke kawasan Asia Pasifik. Di kawasan ini, pertempuran dikuasai blok poros/sentral disebabkan serangan blok tersebut terhadap pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Dengan limbungnya Pearl Harbour, Jepang menguasai kawasan pasifik yang menyebabkan Belanda terdesak, sehingga mereka menyerahkan kekuasaan di Indonesia kepada Jepang. Jepang sangat berkepentingan terhadap Indonesia karena wilayah tersebut sangat strategis sebagai basis pertahanan. Oleh sebab itu, ketika menduduki Indonesia, nantinya Jepang menjalankan program-program yang bertujuan mengumpulkan kekuatan untuk membantu Jepang di perang asia timur raya.
3.    Kedatangan Jepang disambut sukacita dikarenakan bangsa Indonesia percaya akan propaganda Jepang dimana rakyat Indonesia berharap kedatangan Jepang dapat membebaskan Indonesia dari cengkraman penjajah terutama Bangsa Barat. Terlebih propaganda Jepang mampu memperdaya bangsa Indonesia sehingga mau menuruti dan menjalankan program-program bentukan Jepang.
4.    Beberapa propaganda Jepang di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut:
a.    Jepang sebagai saudara tua bangsa Indonesia.
b.    Gerakan 3A, yaitu Jepang sebagai Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia.
c.    Hakko Ichi-U, Jepang adalah pemimpin dunia yang mempersatukan seluruh bangsa Asia.
d.    Pan Asia, persatuan seluruh Asia di bawah pimpinan Jepang.
5.    Membentuk PUTERA (pusat tenaga rakyat), Jawa Hokokai (kebaktian jawa), membentuk Angkatan Darat/Gunseibu, Angkatan udara/Rikuyun, dan Angkatan Laut/Kaigun.
6.    Dampak positif dan negatif pendudukan Jepang di Indonesia:
a.    Dampak positif:
1)    Diperbolehkannya bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi nasional dan menyebabkan bahasa Indonesia mengukuhkan diri sebagai bahasa nasional.
2)    Dalam bidang ekonomi didirikannya kumyai yaitu koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama.
3)    Mendirikan sekolah-sekolah seperti SD 6 tahun, SMP 9 tahun, dan SLTA
4)    Pembentukan strata masyarakat hingga tingkat paling bawah yaitu rukun tetangga (RT) atau Tonarigumi
5)    Diperkenalkan suatu sistem baru bagi pertanian yaitu line system (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien) yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan.
6)    Dibentuknya BPUPKI dan PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Dari sini muncullah ide Pancasila.
7)    Jepang dengan terprogram melatih dan mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia demi kepentingan Jepang pada awalnya, namun oleh pemuda hal ini dijadikan modal untuk berperang.
8)    Dalam pendidikan dikenalkannya sistem Nipon sentris dan diperkenalkannya kegiatan upacara dalam sekolah.
b.    Dampak negatif:
1)    Penghapusan semua organisasi politik
2)    Romusha (kerja paksa)
3)    Krisis ekonomi yang sangat parah : hal ini dikarenakan dengan disalurkannya uang pendudukan secara besar-besaran sehingga menyebabkan terjadinya inflasi.
4)    Akibat dari self sufficiency yang terputusnya hubungan antar daerah
5)    Pembatasan pers sehingga tidak ada pers yang independen, semuanya dibawah pengawasan Jepang.
6)    Terjadinya kekacauan situasi dan kondisi yang parah seperti perampokan, pemerkosaan (banyak gadis pribumi yang diculik untuk melayani kebutuhan biologis tentara Jepang; mereka disebut jugun ianfu) dan lain-lain.
7)    Pelarangan terhadap buku-buku berbahasa Belanda dan Inggris yang menyebabkan pendidikan yang lebih tinggi terasa mustahil.
8)    Banyak guru-guru yang dipekerjakan sebagai pejabat-pejabat pada masa itu yang menyebabkan kemunduran standar pendidikan secara tajam.

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah