Sunday, January 17, 2016

Mengapa kaum Kafir Quraisy menolak risalah Nabi Muhammad SAW?


Sarisejarah.com - Mengapa kaum Kafir Quraisy menolak risalah Nabi Muhammad SAW?

Kaum kafir Quraisy adalah kaum yang menentang keras ajaran Islam yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Bermacam cara mereka lakukan untuk menghentikan usaha dakwah Rasulullah SAW. Ajaran islam dianggapnya sebagai ajaran yang berbahaya bagi kepercayaan mereka yang menyembah berhala, serta merugikan kedudukan sosial mereka dalam masyarakat. Tidak hanya siksaan yang dilakukan kepada Nabi dan Sahabat, tetapi juga kadang mereka melakukan upaya diplomatis kepada nabi, yaitu dengan menawarkan pangkat, kedudukan, harta, dan juga wanita kepada Nabi SAW. 
Namun semua itu ditolak oleh Nabi SAW. bahkan beliau katakan kurang lebih sebagai berikut, "Seandainya mereka mampu menghadirkan matahari di tangan kananku, dan rembulan di tangan kiriku, niscaya saya tetap tidak akan menghentikan dakwah menyampaikan wahyu Allah Ta'ala".
Hal tersebut tentu menyebabkan kaum kafir Quraisy semakin putus asa. lantas apa sebenarnya penyebab kaum kafir menolak risalah kenabian?
Abu Sufyan dalam film the messages, punya kedudukan tinggi dalam masyarakat




1.         Ketakutan Kehilangan Kekuasaan

Kaum kafir Quraisy tidak dapat membedakan antara keNabian dan kekuasaan. Di masa itu terjadi perebutan kekuasaan antar suku. Dengan mengikuti ajakan Muhammad mereka menganggap bahwa mereka mengakui kekuasaan Muhammad. Mereka menganggap bahwa dengan mengikuti ajaran Muhammad maka telah tunduk kepada Nabi Muhammad dan Bani Hasyim

2.         Hilangnya Status Sosial

Masyarakat Quraisy saat itu hidup dalam kelompok-kelompok status sosial atau kasta. Ada kaum majikan dan ada kaum budak. Budak yang dimiliki seseorang adalah golongan yang berkasta rendah. Mereka bisa diperjual belikan dan hak-haknya sebagai manusia tidak dihargai sama sekali. Para pembesar Quraisy pada umumnya memiliki status sosial tinggi. Mereka keberatan jika status sosial mereka disamakan dengan yang lain. Sementara Islam mengajarkan kepada manusia untuk  saling  menghargai  satu  sama lain sebab derajat manusia adalah sama, yang membedakannya di sisi Allah hanyalah tingkat ketaqwaannya saja. Oleh karena itu kaum kafir Quraisy menentang ajaran Islam. 

3.         Hilangnya perdagangan patung

Orang kafir Quraisy adalah masyarakat penyembah berhala. Membuat berhala merupakan mata pencaharian masyarakat ketika itu. Mereka membuat berhala Latta, Uzza, Manat dan Hubbal kemudian dijual kepada orang-orang yang mengunjungi kakbah yang nantinya dijadikan sesembahan. Sementara itu Islam mengajarkan bahwa manusia hanya menyembah Allah semata dan tidak boleh menyembah selain Allah. Jika mereka mengikutiajaran Islam maka mereka khawatir kalau mata pencahariannya sebagai pembuat patung tersebut akan hilang. 

Demikianlah beberapa alasan penyebab kaum kafir Quraisy menentang dakwah Nabi SAW. semoga menambah wawasan keislaman. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah