Monday, January 18, 2016

Apa yang akan terjadi jika pahala dan dosa ditampakkan?




sarisejarah.com - Apa yang akan terjadi jika pahala dan dosa ditampakkan?


Hari ini masih banyak manusia yang terjerumus ke dalam lubang dosa. Menikmati kemaksiatan dengan asyiknya. Tak pernah sedikitpun merasakan penyesalan dalam hatinya. Banyak orang masih malas beribadah, melakukan perbuatan yang terpuji dan mencontoh apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
Padahal, seandainya Allah swt., mewujudkan pahala amal manusia dgn bentuk benda, niscaya takkan ada manusia yg akan mampu memikulnya. Sebagai contoh, pahala sholat berjamaah di masjid 27 derajat, jika diwujudkan dalam bentuk sebutir biji emas misalnya, lalu dikalikan dgn usia kita, ditambah lagi dgn pahala amal2 ibadah lainnya, kemudian dikumpulkan dalam satu karung, mampukah kita memikulnya..??
Rasulullah saw., bersabda, "... Sholat sunnat dua rakaat sebelum sholat subuh, itu lebih baik daripada dunia dan seisinya..." Siapakah yg akan sanggup memikul dunia dan seluruh isinya..??
Rasulullah juga pernah bersabda, yang mahfumnya seandainya seseorang berbibadah shalat isya berjamaah di masjid, seperti beribadah setengah malam suntuk, sedangkan jika beribadah shalat subuh berjamaah pahalanya seperti beribadah satu malam suntuk, subhanallah. Siapa yang sanggup beribadah semalam suntuk?
Begitu juga dengan dosa. Allah swt., tidak akan menampakkan semua akibatnya di dunia ini, tetapi di akhirat nanti akan diperlihatkan seluruhnya. Rasulullah saw., bersabda, "... Sesungguhnya seorang hamba apabila berbuat suatu dosa, maka satu titik hitam akan melekat pada hatinya..." ( Hr. Tirmidzi )

Apabila manusia berbuat dosa lagi, maka titik hitam itu akan bertambah menutup hati.. Sehingga hatinya berkarat, sebagaimana firman Allah swt.,"... Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka..." ( Qs. Al Muthoffifin : 14 )

Apabila anak Adam berbuat dosa, maka akan timbullah titik hitam di hatinya, berapa banyak dosa yg telah kita lakukan setiap harinya? Seandainya titik hitam itu Allah swt., perlihatkan di wajah atau sekujur tubuh, maka akan hitamlah seluruh wajah dan tubuh kita, sehingga kita pasti akan malu untuk keluar dari rumah. Namun karena Maha Rohman dan Rohim Allah, maka semua itu tidak ditampakkan . Jadi sesungguhnya apa yg terlihat pada wajah kita adalah topeng yg ditutupi oleh Allah swt. dengan keagungan-Nya. Masyaallah. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah