Monday, January 18, 2016

5 Rahasia Kesuksesan Dakwah Nabi Muhammad SAW


Sarisejarah.com - 5 Rahasia Kesuksesan Dakwah Nabi Muhammad SAW


Nabi Muhammad Saw mengemban tugas Kenabian kurang lebih sekitar 23 tahun. Selama itulah beliau senantiasa menyeru kepada umat dengan dibantu para sahabatnya. Periode 23 tahun terbagi menjadi 2, yaitu periode dakwah di Mekah selama 13 tahun dan 10 tahun di Madinah.  23 tahun adalah waktu yang singkat, namun telah mampu menjadikan Islam sebagai salah satu agama yang tersebar ke seluruh alam. Umat Islam ada di mana-mana, di berbagai benua dan berbagai negara. Tanpa mengecilkan tugas kenabian dari rasul yang lain, mari kita bandingkan misalnya dengan Nabi Nuh As, beliau berdakwah lebih dari 900 tahun, dan hanya mendapatkan pengikut sebanyak 80 orang saja, atau kurang dari 100 orang. 
Lalu apa rahasia kesuksesan dakwah nabi Muhammad SAW? 
Nabi Muhammad SAW mengembangkan dakwahnya di Mekkah dengan segala tantangan dan ancaman dari Masyarakat Quraisy. Tantangan tersebut tidak menghalangi beliau untuk menghentikan dakwahnya. Perjuangannya terus dilakukan sehingga pengikutinya terus bertambah. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari karakter yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw., karakter tersebut  antara lain:
1. Sabar.
Nabi Muhammad Saw memiliki kesabaran dalam menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, dan bahkan siksaan baik dari keluarga maupun masyarakat Mekkah. Sikap sabar menjadi modal utama Nabi Muhammad untuk terus berdakwah dan tidak pernah putus asa. baca berbagai siksaan yang dihadapi dari kaum kafir Quraisy
2. Kegigihan dan keuletan .
Nabi Muhammad Saw memiliki kegigihan dan keuletan dalam menyebarkan Islam, baik kepada keluarga maupun masyarakat Mekkah. Kegigihan dan keuletan menghadapi segala rintangan yang dihadapi.
3. Berakidah yang benar dan kuat.
Karakter ini menjadi modal utama dalam dakwah Nabi Muhammad. Beliau menyakini akan janji Allah Swt. Beliau tidak pernah ragu akan janji Allah yang akan melindungi dakwanya.
4. Akhlak terpuji dan menjauhi kemungkaran.
Nabi Muhammad Saw sudah terkenal dengan :Al Amin” sebelum diangkat jadi Nabi dan Rasul. Masyarakat Quraisy sudah mengakui kebaikan dan kejujuran Nabi Muhammad Saw. Sehingga ketika Nabi Muhammad Saw diangkat jadi Nabi dan Rasul, semua orang tidak bisa menolak akan kebenaran dakwanya. Tapi karena kesombongan dan keangkuhan menjadi masyarakat Quraisy menolak dakwahnya.
5. Kesetaraan Derajat.
Nabi Muhammad Saw. menjunjung tinggi persamaan derajat sesama manusia. Tidak ada perbedaan antara bangsawan dan budak, antara yang kaya dan miskin. Perbedaanya pada keimanan. Karakter ini membuat semua orang merasa nyaman dan diakui secara sama.

Demikianlah lima rahasia kesuksesan dakwah nabi Muhammad SAW, semoga bermanfaat []


0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah