Monday, November 2, 2015

Sejarah Penemuan manusia Purba Bali


Sarisejarah.com - Sejarah Penemuan manusia Purba Bali

Indonesia merupakan laboratorium manusia purba yang penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan pra aksara dunia. hal ini dikarenakan banyak sekali penemuan fosil penting pernah ditemukandi Indonesia. pada pembahasan ini akan diulas tentang bagian dari sejarah bali yaitu sejarah penemuan manusia purba di Bali. Pada tahun 2010 lalu ditemukan sebuah kerangka manusia purba di bali tepatnya di desa keramas kabupaten gianyar bali, kerangka tersebut berada dalam sebuah peti jenazah yang terbuat dari batu atau disebut sarkofagus.

[caption id="attachment_1362" align="aligncenter" width="300"]manusia purba Bali manusia purba Bali[/caption]

Dua buah peti yang terbuat dari batu itu yang ujungnya dibangun asesoris yang mirip kura-kura, pertama kali ditemukan oleh seorang penggali tanah. Dari penemuan tersebut badan arkeologi bali membuka salah satu sarkofagus yang berisi kerangka manusia purba yang diperkirakan berumur 2500 tahun.

Kedua peti jenazah ini atau kedua sarkofagus ini mempunyai ukuran yang berbeda, salah satu kerang ka yang telah dibuka berukuran panjang 100 cm dan lebar 12 cm, dan kerangka yang belum dibuka mempunyai ukuran panjang 150 cm dan lebar sama yaitu 12cm.

Penemuan kerangka manusia purba ini telah tersebar ke manca negara, mungkin dengan tersebar berita ini ke manca negara tidak ada lagi yang akan mengklaim sebagai milik dari negara nya.

Dan yang anehnya kenapa peti jenazah itu hanya ada dua? apakah mereka terpisah dari kumpulan nya atau mereka sengaja mengubur kan peti tersebut disana.

Memang masih peninggalan-pninggalan sejarah yang berada di indonesia yang mungkin belum kita temukan karena dengan minim nya peralatan. Peninggalan-peninggalan itu adalah bukti nyata bahwa dalam sejarah umat manusia sebelum kita terdapat juga kehidupan pada zaman dahulu.

Demikian merupakan pembahasan tentang penemuan manusia purba di bali semoga bermanfaat. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah