Tuesday, November 17, 2015

Fakta Sejarah yang mengejutkan


Sariejarah.com - Fakta Sejarah yang mengejutkan

berikut merupakan fakta sejarah yang mengejutkan yang kami rangkum dari nationalgeographic.co.id

 

1. Harvard University sudah dibangun sejak sebelum ilmu kalkulus ditemukan.

Teori ilmu kalkulus baru dibuat di akhir abad ke-17, yang dikemukakan oleh Gottfried Leibniz dalam bukunya yang diberi judul "Nova Methodus" di tahun 1684, juga oleh Sir Isaac Newton melalui bukunya "Principia" pada tahun 1687, diikuti dengan penjelasan dan reformulasi dari para matematikawan lainnya. Sementara itu, Universitas Harvard sendiri sudah berdiri sejak 1636. Beruntung, mahasiswa di universitas yang dulunya dikenal dengan sebutan "Kampus Baru" tersebut tidak harus mengambil kelas kalkulus selama lima dekade pertamanya.

2. Mammoth terakhir hidup saat pembangunan piramida Giza.

Dari yang telah kita ketahui, mammoth adalah binatang dari jaman purba. Spesies terakhirnya ditemukan mati tahun 1.700 SM. Mungkin terlihat sangat tua, tapi nyatanya. piramida Giza dibangun sekitar 4.000 tahun yang lalu, tahun yang tidak jauh berbeda dengan prakiraan waktu matinya mammoth terakhir di bumi.

3. Mesin fax pertama dibuat di tahun yang sama saat Migrasi Besar terjadi.

Mesin fax pertama kali ditemukan oleh seorang ahli mesin Skotlandia bernama Alexander Bain, pada tahun 1843. Mesin fax dulunya berupa kombinasi pendulum, satelit listrik, dan kertas elektrokimia untuk scanning dokumen. Informasi tersebut lalu dikirim melalui kabel untuk direproduksi. Di tahun yang sama, terjadi peristiwa The Great Migration atau Migrasi Besar, dimana sekitar dua juta orang Afrika Amerika bermigrasi dari selatan Amerika ke wilayah sebelah barat dan timur Amerika demi menghindari rasisme.

4. Toko perhiasan Tiffany & Co dibangun sebelum Itali resmi menjadi suatu negara.

Tahun 1861, Jenderal Giusappe Garibaldi sukses berkampanye dan menyatukan Italia menjadi suatu negara. Jauh sebelumnya, Charles Lewis Tiffany dan John B. Young telah berhasil mendirikan Tiffany & Young di tahun 1837 yang kemudian berubah nama menjadi Tiffany & Co. di tahun 1853.

5. Guillotine terakhir digunakan di tahun yang sama saat film Star Wars dirilis



Anda mungkin menganggap penggunaan mesin guillotine sebagai alat untuk mengeksekusi di Perancis termasuk hal yang kuno dan jadul. Namun, percaya atau tidak, film Star Wars yang dielukan banyak orang pun rilis di tahun yang sama.

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah