Monday, October 19, 2015

Sejarah Kerajaan Tarumanegara


Sarisejarah.com - Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Hindu pertama berdiri adalah Tarumanegara-Jawa Barat, pada abad 5M. Kerajaan tarumanegara berdiri abad V masehi. Pendirinya tidak diketahui secara jelas, namun bila menilik isi prasasti yang ditemukan disitu disebut-sebut nama seorang raja yang memperhatikan kesejahteraan rakyatnya yaitu punawarman (prasasti tugu). Dalam prasasti ciaruteun juga disebutkan “….kaki yang mulia punawarman, raja di negeri taruma, raja yang gagah beradi di dunia”.

Sumber sejarah

Berita china yang berbunyi : di sebelah tenggara cina ada sebuah kerajaan yang bernama tolomo. Kerajaan ini pernah mengirimkan utusannya ke cina tahun 528, 538, dan 666M. yang dimaksud tolomo disini adalah tarumanegara; menjadi tolomo sangat dimungkinkan.

Sumber tertulis berupa 7 buah prasasti yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf palawa. Prasasti-prasasti diantara lain :

Prasasti ciaruteun, Prasasti kebon kopi, Prasasti jambu, Prasasti tugu. Prasasti tugu merupakan prasasti pertama yang menyebutkan unsure penanggalan dan merupakan prasasti terpenting bagi punawarman, isinya menyebutkan tentang penggalian sebuah saluran sepanjang +11 Km yang diberi nama gonati. Penggalian sungai candrabaga – bekasi dan pemberian hadiah 100 ekor lembu kepada para brahmana.

[caption id="attachment_1259" align="aligncenter" width="300"]Prasasti Ciaruteun Prasasti Ciaruteun[/caption]

Kehidupan Agama

Agama yang dianut tarumanegara adalah hinduisme, ini sesuai dengna berita Fa Hien yang pernah singgah di ye-po-ti (jawa) pada abad ke V, bahwa disitu banyak para brahmana, sedangkan orang budha sedikit. Sementara dalam prasasti kebon kopi disebut-sebut telapak kaki gajah airawata yaitu gajah kendaraan dewa wisnu. Ini berarti hindu yang berkembang di kerajaan tarumanegara adalah hindu waisanawa. Pendapat lain mengatakan agama hindu yang berkembang di tarumanegara adalah hindu brahma, pendapat ini didasarkan adanya pemberian 1000 ekor lembu dari punawarman adalah hindu ciwa karena prasasti-prasasti tarumanegara menggunakan huruf palawa. Huruf palawa ini berasal dari india selatan demikian pula hindu ciwa yang terkuat dari selatan.

Keadaan Sosial Masyarakat

Masyarkat tarumanegara hidup dari bercocok tanam hal ini dapat diketahui dari isi prasasti yang menyebut-nyebut tentang usaha punawarman untuk menggali saluran yang diberi nama gonati, penggalian sungai bekasi dan lain-lain.

Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Tidak diketahui secara persis sebab-sebab keruntuhan kerajaan tarumanegara, namun bila kita mau menilik prasasti kota kapur (sriwijaya) yang menyebutkan sriwijaya terpaksa berperang dengan bumi jawa (tarumanegara) karena tidak taat kepada sriwijaya. []

 

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah