Arti Warna Bendera Negara Indonesia

shares |

Sarisejarah.com - Arti Warna Bendera Negara Indonesia

Bendera negara Indonesia yang seringkali kita sebut sang saka merah putih memiliki dwi warna sesuai dengan sebutan tadi, yaitu warna merah dan warna putih. Warna merah terletak tepat di atas warna putih yang memiliki ukuran sama.

[caption id="attachment_1335" align="aligncenter" width="275"]sejarah bendera merah putih sejarah bendera merah putih[/caption]

bendera merah puti memiliki sejarah yang sangat panjang, sebab pemakaian/pemilihan warna merah putih sebagai warna bendera negara konon terinspirasi dari kejayaan zaman Majapahit. hal ini dapat dimengerti, sebab kerajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan yang besar di Indonesia pada zamannya dimana kerajaan tersebut mampu menguasai hampir seluruh wilayah nusantara termasuk di luar daerah Indonesia dibawah sumpah amukti Palapa mahapatih Gajah Mada. mmengenai hal ini, sarisejarah.com telah menuliskannya pada artikel sebelumnya, sejarah bendera merah putih.

Lantas apa makna atau arti bendera negara Indonesia tersebut?

Bendera Indonesia memiliki makna filosofis. Merah berarti keberanian, putih berarti kesucian. Merah melambangkan raga manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia.

Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa (gula aren) dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih). Sejak dulu warna merah dan putih ini oleh orang Jawa digunakan untuk upacara selamatan kandungan bayi sesudah berusia empat bulan di dalam rahim berupa bubur yang diberi pewarna merah sebagian. Orang Jawa percaya bahwa kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu darah yang tumpah ketika sang jabang bayi lahir, dan unsur putih sebagai lambang ayah, yang ditanam di gua garba.

Demikianlah arti warna bendera negara Indonesia. []

 

Related Posts

0 Komentar: