Friday, September 18, 2015

Tempat di Indonesia yang disebut dalam buku marco polo


Sarisejarah.com - Tempat di Indonesia yang disebut dalam buku marco polo

Beberapa nama tempat di Indonesia yang disebutkan dalam buku perjalanan Marco Polo, antara lain:

baca juga kisah Marco Polo dan kubilai Khanpolomap

Pulau Jawa Besar (pulau Jawa); diperkirakan sangat luas karena pantai selatannya tidak sempat dikunjungi oleh Marco Polo. Juga diceritakan mengenai ekspedisi penyerangan Kubilai Khan ke Jawa dan kegagalannya.
Pulau-pulau Sondur dan Condur (belum jelas); diperkirakan merupakan pulau-pulau kecil di Laut China Selatan yang pernah digunakan sebagai patokan pelayaran.
Pulau Pentam (pulau Bintan); disebutkan mengenai letak pulau ini dari selat Singapura
Kota Malaiur (Melayu, atau Palembang?); diceritakan pula tentang raja-raja Melayu, diantaranya adalah Paramasura.
Pulau Jawa Kecil (pulau Sumatra?); diperkirakan sebutan untuk Sumatra, karena ciri-ciri komoditas dan hewan (gajah, badak, elang hitam) yang disebutkannya.
Kerajaan-kerajaan Ferlec (Perlak) dan Basma (Pasai?); diceritakan tentang beberapa kerajaan bertetangga dan keberadaan suku Battas (Batak) di pedalaman.
Kerajaan-kerajaan Samara (Samudra) dan Dagroian (belum jelas); disebutkan mengenai pohon kelapa (Malay palm) dan legenda kanibalisme famili yang meninggal.
Kerajaan-kerajaan Lambri (Lamuri) dan Fansur (Barus); disebutkan mengenai legenda manusia berbulu dan berekor (orangutan?), kapur barus, dan sagu kelapa.

marcopolo route

artikel menarik lainnya ada patung Marco Polo di Hangzhou

Itulah beberapa tempat di Indonesia yang disebut dalam buku Marco Polo selama melakukan perjalanan menjelajahi dunia. Perjalanan pulangnya ke Eropa membutuhkan waktu selama 3 tahun dan semasa sampai di Venice ia telah mengembara selama 24 tahun. Ketika terjadi peperangan antara Venice dan Genoa, Marco Polo ditawan. Semasa dipenjara, Marco Polo menceritakan pengalamannya kepada Rustichello yang kemudian menerbitkan buku bertajuk ‘The Travels of Marco Polo’.Buku ini banyak mempengaruhi penjelajah kemudian seperti Christopher Columbus. []

1 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah