Friday, September 4, 2015

Perbedaan Ras dengan Suku bangsa


Perbedaan Ras dengan Suku Bangsa.

Seringkali dalam mempelajari sejarah bangsa Indonesia, terutama ketika mendalami pembahasan berkaitan dengan asal usul persebaran nenek moyang bangsa Indonesia, kita seringkali menjumpai istilah ras dan suku bangsa.

Sepintas kedua istilah tersebut memiliki kesamaan arti, namun sesungguhnya kedua kata tersebut berbeda arti.

Ras itu sendiri merupakan penggolongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik rumpun bangsa.Pada pembahasan selanjutnya akan dibahas tentang macam macam ras di dunia.

keterangan: pernahkah anda mendengar istilah rasis/rasialis? Perilaku seseorang yang mengolok olok ciri fisik orang lain disebut perilaku rasis atau rasialis. Hal ini tentu bertentangan dengan asas persamaan kedudukan semua manusia.

ras di dunia

Sedangkan, Suku Bangsa merupakan kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan khususnya bahasa. Ras itu sendiri menurut para ahli diturunkan secara genetik yang akan membedakan satu kelompok dengan kelompok yang lain.

Kini, anda telah memahami perbedaan ras dengan suku bangsa. Semoga artikel tetnang perbedaan ras dengan suku bangsa ini bermanfaat bagi anda. []

1 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah