Friday, September 18, 2015

Perbedaan kolonialisme dan imperialisme


Sarisejarah.com - Perbedaan kolonialisme dan imperialisme

Seringkali siswa sulit sekali mebedakan perbedaan kolonialisme dan imperialisme. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, mengingat kedua paham tersebut memang hampir tidak dapat dipisahkan. Pada kenyataannya, praktik kolonialisme juga dibarengi dengan praktik imperialisme, dan juga sebaliknya. Adalah bangsa Portugis dan bangsa Spanyol yang memelopori penjelajahan samudera yang dianggap sebagai dasar awal mula penerapan praktik kolonialisme dan imperialisme di dunia. Sekalipun demikian, praktik imperialisme dan kolonialisme sejatinya lebih dikarenakan faktor revolusi industri yang melanda Eropa, sehingga mengharuskan adanya ketersediaan bahan baku, modal, tenaga kerja, dan juga tempat pemasaran.

Baiklah pada pembahasan kali ini Sarisejarah.com akan membahas tentang perbedaan kolonialisme dan imperialisme. Untuk membedakan kolonialisme dan imperialisme, haruslah diketahui terlebih dahulu pengertian dari kedua paham tersebut.
Kolonialisme adalah: Paham suatu negara untuk menguasai daerah atau negara lain dan menganggab daerah tersebut miliknya.

Koloni berasal dari kata colonia (bahasa Latin) yang artinya tanah pemukiman (jajahan). jadi koloni berarti pemukiman suatu negara di luar wilayah negaranya yang kemudian dinyatakan sebagai bagian wilayahnya.

Adapun kolonialisme mengandung arti upaya penguasaan atas suatu daerak/wilayah oleh negara penguasa untuk memperluas daerahnya atau wilayahnya. Penguasaan daerah tersebut umumnya dilakukan secara paksa untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya bagi negara induk (motherland).
Imperialisme adalah : sistem pemjajahan langsung suatu negara terhadap negara lain dengan membentuk pemerintahan jajahan dan menanamkan pengaruh pada semua bidsng kehidupan didaerah jajahannya.

 
Colonialism.jpg-457x290

imperialisme berasal dari kata imperium (bahasa Latin) yang artinya memerintah. Imperialisme merupakan suatu sistem penjajahan yang dilakukan dengan jalan membentuk pemerintah jajahan dengan menanamkan pengaruh segala bidang kehidupan dan mengendalikan daerah yang dijajahnya.

Kolonialisme dan Imperialisme terjadi setelah adanya revolusi Industri sebagai akibat adanya keinginan untuk mencari sumber daya alam yang digunakan untuk bahan industri.Awalnya mereka hnya berdagang kemudian mereka mengklaim daerah yang mereka datang sebagai miliknya atau koloninya.

adapun perbedaan kolonialisme dan imperialisme adalah sebagai berikut:

  1. Kolonialisme bertujuan untuk mendapatkan sumber daya alam dari negara yang dijajah untuk dibawa ke negara induk kolonialis.

  2. Imperialisme bertujuan untuk mendapatkan dan menanamkan pengaruh negara induk dalam semua bidang kehidupan negara yang dijajah


Dengan demikian dapat diperoleh persamaan antara kedua paham tersebut, yaitu:

  1. Kedua paham memiliki persamaan dalam hal hasil akhir yang diharapkan oleh negara penjajah yaitu tercapainya kemakmuran di negara induk,sementara itu bagi negara yang dijajah akan menjadi negara yang menderita akibat praktik paham tersebut. []

1 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah