PEMBABAKAN ZAMAN HINDU BUDDHA DI INDONESIA

shares |

Sarisejarah.com – Pembabakan zaman hindu buddha di Indonesia. Agama Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia diperkirakan pada permulaan masehi, dimana Indonesia berperan aktif dalam hubungan perdagangan antar wilayah, khususnya perdagangan laut. Adapun masa Hindu-Buddha sendiri berlangsung selama kurang lebih 12 abad. Dalam kurun waktu yang sangat panjang tersebut, secara garis besar masa hindu buddha dapat dibagi menjadi tiga babak.
Pembabakan masa Hindu-Buddha terbagi menjadi tiga, yaitu periode pertumbuhan, perkembangan, dan keruntuhan.

gautama

Periode pertumbuhan, terjadi dimulai ketika terjadi hubungan atau kontak dengan para pedagang dari India (terkait hal ini terdapat beberapa teori tentang masuknya agama Hindu Buddha ke Indonesia, silahkan baca artikelnya lebih lanjut di sarisejarah.com). Kontak inilah yang kemudian menyebabkan adanya perkenalan kebudayaan masyarakat nusantara dengan agama dan kebudayaan India. Beberapa pengaruh yang ditimbulkan oleh kontak ini antara lain di bidang arsitektur/seni bangunan, aksara, pemerintahan, agama dan kepercayaan, sistem penanggalan, dan sistem sosial. Sampai saat ini, bukti-bukti tentang adanya pengaruh kebudayaan dan agama Hindu Buddha di Indonesia masih banyak dijumpai.

Adapun periode kedua adalah periode perkembangan, dimana telah muncul dan berkembang kerajaan tradisional bercorak Hindu Buddha di nusantara, diantaranya adalah kerajaan Kutai yang merupakan kerajaan tertua di nusantara, Tarumanegara yang merupakan kerajaan tertua di Jawa, serta kerajaan kerajaan lain, misalnya kerajaan Sriwijaya, Kalingga, Kediri, Singasari, Majapahit dan lain-lain. Periode ini berlangsung sangat lama. Selama itu pula banyak dihasilkan kebudayaan berupa seni bangunan, kesusastraan berupa kitab-kitab yang digubah oleh para pujangga pada masa klasik.

Periode terakhir, yaitu periode kemunduran/keruntuhan kebudayaan Hindu Buddha di Indonesia. keruntuhan di sini bukan berarti sama sekali menghilangkan pengaruh Hindu Buddha di Indonesia, melainkan pengaruh tersebut tergeser oleh dominasi pengaruh agama dan kebudayaan Islam ke nusantara. Apalagi diketahu bahwa sebenarnya pada masa kejayaan Hindu (misalnya di masa kerajaan Majapahit). agama dan kepercayaan Islam telah masuk dengan adanya Komunitas muslim di beberapa wilayah nusantara. Hal ini dibuktikan dengan adanya makam muslim di Trowulan. Oleh sebab itu, kiranya perkembangan agama Islam tinggal menunggu waktu saja. Perkembangan Islam mencapai puncaknya pada abad ke-15 agama islam mulai mendominasi Nusantara. Namun, tidak berarti pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha hilang tergantikan kebudayaan Islam. Agama Islam mengakomodasi peninggalan Hindu-Buddha, tentunya dengan melakukan modifikasi agar tetap berselang beberapa abad, wujud peradaban Hindu-Buddha masih dapat kita saksikan hingga sekarang, misalnya dalam perwujudan sastra dan arsitektur.

Demikianlah pembahasan singkat tentang tiga periode pembabakan zaman hindu buddha di Indonesia, semoga bermanfaat. []

Related Posts

0 Komentar: