Friday, September 18, 2015

KISAH SINGGAHNYA MARCO POLO DI PASAI


Sarisejarah.com - KISAH SINGGAHNYA MARCO POLO DI PASAI

Marco Polo adalah pelaut Eropa yang diterima baik oleh Kubilai Khan karena kecakapannya dan kefasihannya sebagai seorang storyteller. Sehingga, Marco Polo pernah tinggal sangat lama di negeri Kubilai Khan, bahkan menjadi seorang gubernur di Hangzhou.

Marco Polo diketahui pernah mengajukan ijin untuk kembali di Eropa, namun seringkali ditolak dikarenakan ia masih sangat dibutuhkan oleh kerajaan. Hingga pada akhirnya, pada tahun 1291, Marco Polo dan keluarganya diizinkan untuk kembali ke Eropa. Namun dalam perjalanan kembali ke Eropa ia mendapatkan syarat sebagai tugas terakhir pengabdiannya bagi kerajaan yaitu  mengawal putri Kubilai Khan ke tunangannya, Khan dari fraksi Il-Khan.

MARCOPOLO DAN KUBILAI KHAN

Memenuhi tugas terakhir dan ‘kebebasan’ mereka, keluarga polo berlayar dari Quanzhou menuju Persia. Mereka sempat singgah sejenak di Sumatra dan India, sebelum akhirnya merapat di Hormuz, di selatan Persia. Tahun 1294, Keluarga Polo berhasil mengantarkan putri Khan ke fraksi Il-Khan. Kemudian, melalui jalur darat, mereka menuju Kota Trabzond di pesisir Laut Hitam,

baca juga tempat-tempat yang pernah disebut oleh Marco Polo dalam bukunya

Dalam Perjalanan pulangnya inilah ia tercatat pernah singgah di Pasai. Kisah singgahnya Marco Polo di Pasai ini terjadi pada tahun 1292. Pasai pada masa itu diperintah oleh raja Pasai yang ke-12 yaitu Sultan Abdul Jalil al-Malikul Saleh (1276-1300). Selain singgah di Pasai Marcopolo juga melawat Perlak. Ia mencatat bahawa penduduk di sana mengamalkan ajaran Muhammad.

marcopolo route

Sebagai seorang Kristian yang hidup pada Zaman Pertengahan dan lebih-lebih lagi pada zaman-zaman akhir Perang Salib (1097-1292), pandangannya yang begitu buruk terhadap penduduk Sumatera tersebut tidaklah terlalu mengherankan. Dari catatan-catatan Marco Polo inilah yang telah membuka mata bagi orang-orang Barat untuk menjelajah Nusantara. []

1 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah