Friday, September 18, 2015

KISAH MARCO POLO DAN KUBILAI KHAN


Sarisejarah.com - KISAH MARCO POLO DAN KUBILAI KHAN

Marco Polo (15 September 1254 - 8 Januari 1324) adalah seorang pedagang dan penjelajah Italia. Ia pergi ke Tiongkok semasa berkuasanya Dinasti Mongol. Ia terkenal karena, bagi bangsa Eropa, kisah-kisahnya sangat menarik. Pada masa itu, bangsa Barat tidak mengenal dunia Timur.

Marco Polo merupakan pedagang dan penjelajah dari Venisia, Italia. Bersama dengan bapaknya, Niccolo, dan pamannya, Maffeo, Marco polo menjadi pengembara Barat terawal yang melalui Jalanan Sutera ke China (yang dikenalinya sebagai Cathay). Marcopolo melawat ke Mongol (Kublai Khan (cucu lelaki Genghis Khan). Perjalanannya ditulis dalam karyanya Il Milione ("Si Juta" atau Perjalanan Marco Polo).

Menjelang tahun 1241 Genghis Khan meluaskan kekuasaannya hingga ke daratan Eropa ( dari China hingga ke Timur Tengah dan sampai ke Polandia dan Hungaria). Marco Polo hidup semasa perang salib masih berkecamuk. Oleh sebab itu, beberapa utusan dari Eropa dikirim ke Karakorum, ibu kota Monggolia untuk meminta dukungan bersama orang-orang kristen Eropa menentang kekuasaan Islam di bawah kekuasaan Turki. Namun usaha mereka gagal untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Mongol.

Adanya perang saudara diantara petinggi Mongol membuat Marco polo bersama bapak dan pamannya pergi ke arah timur lebih jauh. Mereka kemudian bertemu dengan utusan dari fraksi Mongol yang lain. mereka bergabung dengan utusan tadi menuju daratan Cina. Akhirnya, mereka bertemu dengan Kubilai Khan (The Khan of all Khans himself) di Khanbaliq (kini bernama Beijing).

MARCOPOLO DAN KUBILAI KHAN

Kubilai menerima mereka, dan pada saat mereka kembali menuju Eropa. Kubilai menyertakan salah satu bawahannya, Koeketei, untuk dipertemukan dengan Paus di Roma, untuk dijadikan Duta Besar Mongol di Eropa. Misi dari Koeketei adalah untuk meminta bantuan dari Paus untuk mengirim orang-orang terpelajar di Eropa ke Cina, untuk memperkenalkan budaya Eropa ke Cina. []

3 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah