Friday, September 18, 2015

Kesaksian Ibnu batutah tentang nusantara


Sarisejarah.com – Kesaksian Ibnu batutah tentang nusantara Ibnu Batutah merupakan penjelajah muslim yang pernah singgah di nusantara. Sebagaimana diketahui, kita mengetahui keberadaan awal masyarakat muslim melalui berbagai berita, misalnya dari berita Cina, Arab, Persia melaui catatan-catatan perjalanan para pelaut yang pernah singgah di nusantara.

baca dulu tentang siapa ibnu batutah

Ibnu Batutah adalah pelaut yang pernah singgah di nusantara tepatnya di Samudera Pasai Aceh. Ibnu Batutah lahir pada tanggal 24 Februari 1304 M, ia memiliki nama asli  Abu Abdillah Muhammad Ibn Abdillah Ibn Ibrahim Al-Lawati At-Tarji, dan bergelar Syamsudin Ibn Batutah. Ia wafat pada tahun 1369 M. Melalui catatannya dapat diketahui bahwa beliau menginjakkan kaki di bumi serambi Makkah selama 15 hari. Mengenai kesan-kesannya selama di nusantara, ia memberikan kesaksian tentang Samudera Pasai sebagai berikut, “Pasai negeri yang hijau dengan kota pelabuhannya yang besar dan indah”.

Pasai merupakan kerajaan islam pertama di nusantara dimana Pasai mencapai puncak kejayaannya disebabkan ramainya pasai sebagai kota pelabuhan yang menghubungkan perdagangan nusantara dengan pusat perdagangan di Malaka. Letaknya yang strategis menyebabkan Pasai ramai dikunjungi oleh para pedagang. Hal inilah yang menyebabkan pasai menjadi sebuah kerajaan yang kuat. Disamping itu, pasai memiliki komoditas perdagangan yang berharga, yaitu rempah-rempah.

Ibnu Batutah menyaksikan kemajuan pasai tersebut, sehingga ia sangat terkesan dengan perjalanannya di nusantara.

Diantara catatan-catatan perjalanannya adalah sebagai berikut:

■Tahun 1325 : Beliau melakukan ziarah ke Makkah kemudian Menuju Mesir
■Tahun 1326 : Beliau melakukan perjalanan dari Mesir (Kairo) kembali ziarah ke Makkah.
■Tahun 1327 hingga tahun 1330 : Beliau memperdalam Agama Islam di kota Makkah.
■Tahun 1331 : Beliau berkunjung di belahan timur Afrika melalui Jeddah, kemudian Yaman, Laut Merah, hingga singgah di kota dagang Kilwa (Tanzania).
■Tahun 1332 : Kembali ke Makkah.
■Tahun 1333 : Beliau Tiba di India melalui Rute Utara, yaitu melalui Mesir, Syria, Asia Kecil, Laut Hitam, Crimea, Caucasus, Saray, Konstatinopel, Rusia, Khorasan, Afghanistan, kemudian menapaki pegunungan Hindu Kush, hingga sampai di India (Sungai Indus)
■Tahun 1342 : Melakukan perjalanan menuju Cina
■Tahun 1344 : Melakukan perjalanan ke Maladewa dan berkunjung ke Ceylon.
■Tahun 1345 : Tiba di Kerajaan Samudra Pasai.
■Tahun 1348 : Berkunjung ke Makkah, yaitu dengan melakukan perjalanan melalui Sumatera, kemudian Malabar, teluk Persia, Baghdad,  Syria, dan sampai di  Makkah.
■Tahun 1349 : Pulang Kampung di Fes, Maroko. dengan berlayar dari Alexandria, Tunisia, Sardinia, Aljazair
■Tahun 1351: Melakukan perjalanan menuju ke Granada
■Tahun 1352 : berkunjung ke Sudan kemudian melalang buana di Sahara hingga Afrika Barat dan Kerajaan Mali. []

1 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah