Kapan Manusia mulai menetap?

shares |

Sarisejarah.com – Pertanyaan mengenai kapan manusia mulai menetap atau bertempat tinggal selalu muncul dalam pembahasan corak kehidupan manusia pada masa pra aksara. Bisa dikatakan bahwa ketika manusia telah meninggalkan ciri kehidupan nomaden/berpindah-pindah, kemudian menetap sementara (semi sedenter) dan pada akhirnya menetap telah memberikan dampak yang luar biasa berupa revolusi kehidupan. Disebut revolusi kehidupan dikarenakan manusia telah mengubah corak kehidupannya dari food gathering menjadi food producing. Anda dapat membaca pada artikel sebelumnya tentang food gathering dan food producing.


ilustrasi kehidupan purba


Perubahan dari food gathering (kehidupan dengan cara berpindah-pindah untuk mencari dan mengumpulkan makanan secara berkesinambungan) menjadi food producing (bercocok tanam untuk memproduksi makanan) telah menyebabkan manusia mulai menetap. Hal ini dikarenakan dalam bercocok tanam diperlukan waktu untuk menanam, hingga menunggu masa panen dan panen itu sendiri. Hal ini memaksa manusia pada zaman purba untuk tidak meninggalkan tempat tinggalnya tersebut. Dengan demikian, mulai terbentuk perkampungan yang mana unsur-unsur kegiatan pemerintahan dengan memilih seorang pemimpin diantaranya dengan prinsip primus interpares mulai dilakukan, sistem religi dan proses menyempurnakan peralatan juga mulai dilakukan. Nah, pada saat itulah manusia dikatakan telah tinggal secara tetap.


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dikatakan manusia mulai menetap ketika mereka mulai mengembangkan sistem pemerintahan dengan memilih salah seorang diantara mereka untuk diangkat sebagai pemimpin, sehingga ada aturan tertentu yang mengatur kehidupan masyarakat dalam lingkup tersebut. Ketika mereka meninggal, ada upacara tertentu untuk menghormati arwah mereka, sehingga mulai muncul sistem religi yang diwujudkan dengan pembuatan batu-batu besar, khususnya pada masa neolitikum yang disebut sebagai tradisi megalitik. Apa itu tradisi megalitik? Nantikan pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat. []

Related Posts

0 Komentar: