Tuesday, September 22, 2015

Faktor pendorong bangsa Eropa Menjelajah Samudera


Sarisejarah.com - Faktor pendorong bangsa EropaMenjelajah Samudera

Bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudera pada akhir abad ke-16, hal ini dilatarbelakangi beberapa faktor pendorong diantaranya:

baca juga tentang kisah marco polo di sarisejarah.com

  1. Jatuhnya kota Konstantinnopel ketangan Turki Usmani tahun 1453; merupakan faktor utama penjelajahan samudera ke dunia timur. Sebab dengan didudukinya kota Konstantinopel, praktis para pedagang Eropa dilarang melakukan praktik perdagangan di sana, inilah yang mendasari keinginan bangsa Eropa untuk mencari sumber rempah-rempah yang menurut mereka berasal dari dunia timur (India).

  2. Kemajuan iptek yaitu ditemukanya kompas; bermanfaat sebagai penunjuk arah.

  3. Adanya keinginan untuk mendapatkan rempah-rempah dari daerah asal sehingga harganya lebih murah dan untungnya besar; rempah-rempah merupakan komoditas utama perdagangan di Eropa. Oleh sebab itu, apabila mereka berhasil mendapatkan rempah-rempah dari sumbernya, maka besar pula kemungkinan mendapatkan keuntungan yang besar.

  4. Keinginan untuk menyebarkan agama; merupakan salah satu bagian dari semboyan imperialisme kuno, yaitu 3G (gold, glory, gospel). Gold artinya mencari kekayaan, glory mencari kejayaan, dan gospel yaitu keinginan menyebarkan agama suci, yaitu agama nasrani.

  5. Penemuan Copernicus yang menyatakan bahwa bumi itu bulat; penemuan ini merupakan bantahan atas klaim gereja bahwa bumi berbentuk ceper sehingga para pelaut takut untuk mengarungi samudera. Dengan teori Copernicus, maka pelaut tidak takut untuk tersesat, karena telah dijamin bahwa bumi bulat, terlebih lagi kapal-kapal mereka telah dilengkapi dengan peralatan yang cukup canggih di zamannya dan cukup layak untuk mengarungi luasnya samudera.


[caption id="attachment_1176" align="aligncenter" width="279"]ilustrasi kapal penjelajah samudera ilustrasi kapal penjelajah samudera[/caption]

Penjelajahan samudera dipelopori oleh bangsa Portugis dan Spanyol.

baca tentang imperialisme dan kolonialisme

Tahun 1482 seorang pelaut Portugis yang bernama Diogo Cam berlayar sampai di Afrika Barat Daya(Namibia). Tahun 1487 Bartolo meuz Diaz dengan rombongan berhasil mengelilingi ujung selatan Afrika , disana satu kapalnya tenggelam dan meraka kembali.

Tahun 1492 Spanyol dibawah pimpinan Christopher Colombus mengambil rute ke Barat sampai dikepulauan Bahama dibenua Amerika.

Tahun 1497 Portugis memberangkatkan lagi armadanya dibawah pimpinan Vascodagama dengan 4 buah kapalnya,dengan rute perjalanan dari Lisabon- Tanjung Harapan-Pantai Timur Afrika, sampai kesamudra Hindia terus ke Calicut India dan berhasil membawa rempah-rempah. Barulah tahun 1511 Portugis berhasil sampai di Malaka dan melanjutkan perjalanan ke Maluku 1512 M.

Dengan temuan sumber rempah-rempah oleh Portugis di Maluku, maka sebenarnya telah terkuak sebuah misteri tentang dimana sumber rempah-rempah sesungguhnya, yaitu di Maluku. Adapun masa penjejahan samudera bagi dunia timur merupakan pintu gerbang masa-masa suram di bawah kolonialis dan imperialis.

1 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah