ADA PATUNG MARCO POLO DI HANGZHOU

shares |

Sarisejarah.com - ADA PATUNG MARCO POLO DI HANGZHOU

Marco Polo dikenal sebagai seorang pelaut ulung yang mengesankan. Perjalanan kisah hidupnya dibubukan dalam sebuah buku yang berjudul The Travels of Marcopolo dimana buku tersebut menginspirasi pelaut-pelaut Eropa yang hidup di era sesudahnya untuk melakukan penjelajahan yang sama, misalnya Christoper Columbus. Marco Polo juga dikenal sebagai seorang storyteller, dimana cerita-cerita yang dituangkan ke dalam catatannya – yang bersumber dari apa yang ia lihat selama perjalanan – sangat menarik bagi orang-orang yang membacanya, sekalipun tidak banyak orang yang memercayainya.

Baca juga kisah Marco Polo dan Kubilai Khan

Terdapat sebuah kisah yang menarik dimana konon kabarnya di daerah Hangzhou terdapat patung dirinya. Apa sebabnya?

Kisah keberadaan patung Marco Polo di Hangzhou berawal dari perjalanan ayah dan pamannya yang menyertakan dirinya dalam sebuah perjalanan. Perjalanan tersebut terjadi pada tahun 1271 yang merupakan ekspedisi kedua Niccolo dan Maffeo (Ayah dan paman Marcopolo).  Ekspedisi yang dilakukan oleh Keluarga Polo ke timur melalui Jalan darat. Sedangkan Jalan laut yang digunakan hanya mengantarkan mereka dari Venezia ke Konstantinopel. Selanjutnya, perjalanan ke timur dilakukan melalui rute dagang darat: melalui Tabriz (wilayah Azerbaijan), Persia, wilayah selatan Samarkand, hingga Gurun Takla Makan, dan menyusuri berbagai desa dan dusun di Cina bagian barat.

MARCOPOLO

Perjalanan ini yang membuat Marco Polo bercerita banyak mengenai budaya dan arsitektur Cina pada saat itu sekembalinya ke Eropa. Hingga akhirnya tiba di Khanbaliq (Beijing). Mereka diterima dengan baik oleh Kubilai Khan. Kelihaian Marco Polo dalam bertutur kata membuat Raja terkesan. Oleh sebab itu, Marco Polo mendapatkan tempat istimewa di lingkungan pemerintahan.

Hal ini menyebabkan Marco Polo menetap begitu lama di Cina. Bahkan mereka tinggal di Cina selama 17 tahun. Selama mereka di Cina, keluarga Polo dijadikan sebagai pejabat di pemerintahan Cina, dan sering ditugaskan untuk urusan-urusan diplomatik. keluarga Polo telah beberapa kali meminta izin kepada Khan untuk kembali ke Eropa. Namun, sang Khan yang terlalu terkesan kepada mereka berkali-kali pula menolak permohonan mereka.

Kubilai Khan bahkan mempercayai Marco Polo untuk menjadi gubernur wilayah Hangzhou selama tiga tahun. Dalam urusan diplomatik, Marco Polo membuat misi diplomasi ke Tanah Melayu, Sumatera, Tibet dan Ceylon bagi pihak Kublai Khan. Marco Polo juga melawat India dan Burma dan membuat catatan tentang negara-negara tersebut. Ketika berada di Sumatera Marco Polo telah membuat beberapa catatan. Marco Polo tercatat pernah berkunjung sampai di Pasai pada tahun 1292. Pasai pada masa itu diperintah oleh raja Pasai yang ke-12 yaitu Sultan Abdul Jalil al-Malikul Saleh (1276-1300). Selain singgah di Pasai Marco Polo juga melawat Perlak. Ia mencatat bahwa penduduk di sana mengamalkan ajaran Muhammad.

Prestasi Marco Polo yang mengesankan itulah yang mungkin menyebabkan terdapat patung Marco Polo di Hangzhou, tempat dimana Marco Polo mengabdi semasa pemerintahan Kubilai Khan. []

Related Posts

2 Komentar: