Wednesday, August 5, 2015

Perbedaan Pra Aksara dengan Pra Sejarah


[caption id="attachment_713" align="aligncenter" width="306"]Dinosaurus, makhluk zaman purba Dinosaurus, makhluk zaman purba[/caption]

Pembahasan mengenai Pengertian Pra Aksara dan Pra Sejarah ini merupakan salah satu bagian penting dalam pembelajaran sejarah khususnya pada kurikulum 2013. Siswa diharapkan dapat menganalisis pengertian zaman pra aksara, sehingga dapat menarik simpulan mengapa lebih tepat menggunakan istilah pra aksara daripada pra sejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Praaksara berasal dari dua kata, yakni pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Dengan demikian zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Ada istilah yang mirip dengan istilah praaksara, yakni istilah nirleka. Nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan. Karena belum ada tulisan maka untuk mengetahui sejarah dan hasil-hasil kebudayaan manusia adalah dengan melihat beberapa sisa peninggalan yang dapat kita temukan. Kapan waktu dimulainya zaman praaksara? Kapan zaman praaksara itu berakhir? Zaman praaksara dimulai sudah tentu sejak manusia ada, itulah titik dimulainya masa praaksara. Zaman praaksara berakhir setelah manusianya mulai mengenal tulisan. Pertanyaan yang sulit untuk dijawab adalah kapan tepatnya manusia itu mulai ada di bumi ini sebagai pertanda dimulainya zaman praaksara. Sampai sekarang para ahli belum dapat secara pasti menunjuk waktu kapan mulai ada manusia di muka bumi ini. Tetapi yang jelas untuk menjawab pertanyaan itu kamu perlu memahami kronologi perjalanan kehidupan di permukaan bumi yang rentang waktunya sangat panjang. Bumi yang kita huni sekarang diperkirakan mulai terjadi sekitar 2.500 juta tahun yang lalu.

Sementara itu, zaman pra sejarah dapat diartikan bahwa zaman tersebut manusia belum mempunyai sejarah, hal ini tentu tidak tepat digunakan istilah untuk menggambarkan keadaan manusia sebelum mengenal tulisan. Sebab sekalipun manusia belum mengenal tulisan, tetapi pada saat ini dalam rentang waktu yang lama manusia telah melakukan aktivitas yang penting untuk membangun peradaban dengan kemampuan akal dan pikirannya untuk mempertahankan hidup. Dengan akal itulah manusia mampu menciptakan peralatan yang dapat digunakan untuk mempertahankan hidupnya.

Demikian uraian singkat hasil diskusi siswa tentang pengertian pra aksara dan pra sejarah. semoga bermanfaat. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah