Thursday, August 13, 2015

Penggolongan Flora di Indonesia


Keberadaan Flora dan fauna di Indonesia tidak terlepas dari proses panjangn terbentuknya bumi dan kepulauan Indonesia. Flora di Indonesia memiliki kekayaan dan keanekaragaman yang beragam. Flora di Indonesia tidak sama antar daerah. Perbedaan itu dipengaruhi oleh jenis tanah, relief iklim. Flora di Indonesia sangat bervariasi. Flora di Indonesia dapat digolongkan sebagai berikut, yaitu:

[caption id="attachment_980" align="aligncenter" width="300"]flora di Indonesia flora di Indonesia[/caption]

  1. Hutan Bakau: Hutan bakau tumbuh di pantai yang landai dan berlumpur yang terkena pengaruh pasang surut, hutan ini berfungsi untuk melindungi abrasi pantai dan juga penampung banjir dari pedalaman daratan. Hutan bakau terdapat di Papua, Sumatera Bagian Timur, sepanjang pesisir pulau Kalimantan.

  2. Hutan Rawa: meliputi rawa rawa dengan jenis jenis tumbuhan beluntas, pandan dan ketapang. Hutan ini banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan barat dan Kalimantan Tengah.

  3. Hutan Musim: hutan ini terdapat pada daerah yang bertemperatur tinggi, hutan ini mempunyai perbedaan kondisi tumbuhan sesuai dengan musim contohnya hutan jati, Kapok, banyak terdapat di Jawa tengah, Jawa timur dan Nusa tenggara.

  4. Hutan Hujan Tropis: Karena Indonesia berada di katulistiwa dengan sinar matahari sepanjang tahun dan curah hujan tinggi maka sebagaian besar Hutan di Indonesia merupakan hutan tropis, dengan ciri hutan yang sangat lebat dengan berbagai macam tumbuhan. Banyak ditemukan di Pulau Sumatera, papua, Kalimantan dan Sulawesi.

  5. Sabana: Sabana adalah padang rumput yang diselingi pepohonan atau semak belukar , banyak terdapat di jajaran kepulauan Nusa tenggara


Demikian pembahasan tentang Flora di Indonesia, semoga bermanfaat. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah