Thursday, August 13, 2015

Pembabakan Zaman dalam Proses Evolusi Bumi


Evolusi adalah sebuah perubahan yang berlangsung secara bertahap-tahap dalam waktu yang sangat lama. Evolusi bumi diyakini terjadi jutaan tahun yang lalu. Berkaitan dengan proses terbentuknya bumi telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya. Berikut dipaparkan Pembabakan Zaman dalam Proses Evolusi Bumi.

Ilmu palaentologi membaginya dalam enam tahap waktu geologis. Masing-masing ditandai oleh peristiwa alam yang menonjol, seperti munculnya gunung-gunung, benua dan makhluk hidup yang paling sederhana. Proses evolusi bumi dibagi menjadi beberapa periode sebagai berikut.

  1. Azoicum (Yunani: a = tidak; zoon = hewan),


[caption id="attachment_966" align="aligncenter" width="300"]terbentuknya bumi Ilustrasi bumi[/caption]

Yaitu zaman :sebelum adanya kehidupan. Pada saat ini bumi baru terbentuk dengan suhu yang relatif tinggi. Waktunya lebih dari satu milyar tahun lalu.

  1. Palaezoicum, yaitu zaman purba tertua. Pada masa ini  sudah meninggalkan fosil flora dan fauna. Berlangsung kira-kira 50.000.000 tahun.

  2. Mesozoicum, yaitu zaman purba tengah. Pada masa ini hewan, mamalia (menyusui), hewan amfibi, burung dan tumbuhan berbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140.000.000 tahun.

  3. Neozoicum, yaitu zaman purba baru, yang dimulai sejak 60.000.000 tahun yang lalu   Zaman ini dapat dibagi lagi menjadi dua tahap (Tersier dan Quarter), zaman es mulai menyusut dan makhluk-makhluk tingkat tinggi dan manusia mulai hidup.


 Demikian pembahasan tentang Pembabakan Zaman dalam Proses Evolusi Bumi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah