Friday, August 7, 2015

Bagaimana Proses Pembentukan Pulau-pulau Utama di Indonesia ?


Proses pembentukan pulau-pulau utama di Indonesia

pada pembahasan yang lalu telah disampaikan banyak hal terkait dengan proses terbentuknya bumi, serta kepulauan di Indonesia. Pada artikel ini dibahas tentang proses pembentukan pulau-pulau utama di Indonesia sebagai berikut:

Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Lombok hingga kepulauan Nusa Tenggara :

Pulau-pulau tersebut terbentuk karena adanya aktivitas vulkanisme di bawah permukaan bumi, hasil yang dapat dirasakan di permukaan bumi adalah adanya lava (cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi). Lama kelamaan lava tersebut memadat bertambah besar membentuk sebuah busur pulau. Proses seperti ini dikenal sebagai Island Arc.

Pulau Sulawesi :  

Pulau Sulawesi terbentuk akibat pertemuan lempeng Filipina, Indo-Australia, Eurasia dan lempeng mikro lain di daerah tersebu

Pulau Papua dan Kalimantan :

[caption id="attachment_973" align="aligncenter" width="300"]pulau papua Ilustrasi Kepulauan Indonesia[/caption]

Keduanya terbentuk dari pecahan super benua pada awal terbentuknya permukaan bumi.Teori tektonik lempeng menyebutkan bahwa dahulu seluruh daratan di muka bumi ini adalah satu daratan yang sangat luas bernama Pangea, kemudian induk benua ini terpecah menjadi dua yaitu Godwana (di Utara) dan Laurasia (di Selatan).Seiring berjalannya waktu kedua lempeng besar tersebut terpecah-pecah kembali menjadi benua-benua seperti sekarang.

Pulau-pulau kecil :

Proses terbentuknya pulau-pulau ini lebih sederhana dibanding yang lain. Mereka berasal dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya.Semakin lama semakin besar dan akhirnya terbentuklah sebuah pulau baru.

Demikian pembahasan tentang Proses pembentukan pulau-pulau utama di Indonesia, semoga bermanfaat. []

1 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah