Sunday, February 8, 2015

Proses Pembentukan Negara dan Pemerintahan Republik Indonesia


Sehari setelah menyatakan kemerdekaan, bangsa Indonesia menyelenggarakan sidang PPKI yang pertama. kegiatan itu diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 1945, panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) menyelenggarakan sidang yang dipimpin oleh Ir. Soekarno. Sidang PPKI tersebut membahas berbagai persoalan untuk melengkapi keberadaan negara Republik Indonesia yang baru diproklamasikan. Adapun materi sidang yang dibahas dalam sidang PPKI tersebut merupakan kelanjutan dari sidang BPUPKI tanggal 10-16 Juli 1945 sebelum dilakukan proklamasi kemerdekaan. Dalam sidang PPKI tersebut,  berhasil diambil sebuah keputusan yang sangat penting bagi pemerintahan negara Republik Indonesia yang baru berdiri. Keputusan yang berhasil dicapai dalam sidang PPKI dalah sebagai berikut :
pengibaran bendera merah putih
a.  menetapkan Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia    
b. memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
c. membentuk komite Nasional Indonesia untuk membantu tugas presiden
Penjelasan
a. Mengesahkan rancangan Undang-Undang Dasar negara yang dibahas dalam sidang BPUPKI menjadi dasar negara Republik Indonesia. Selanjutnya Undang-Undang Dasar itu lebih dikenal dengan istilah Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945). Sementara itu Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara
b.  Dalam sidang tersebut juga diagendakan untuk memilih dan menetapkan presiden dan wakil presiden. Pemilihan dan pengangkatan presiden dan wakil presiden bertujuan untuk menetapkan  pelaksana pemerintahan yang sah dari negara Republik Indonesia yang baru berdiri. Dalam hal ini  PPKI memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagi presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai wakil presiden. Pemilihan tersebut dilakukan secara aklamatif, sebagaimana keputusan dalam menetapkan siapakah yang berhak untuk menandatangai naskah proklamasi menjelang Proklamasi, pemilihan Soekarno dikarenakan namanya yang cukup populer di kalangan masyarakat,terlebih ia merupakan pemimpin pergerakan Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA) pada masa Jepang. sehingga dirinyalah yang dipilih.
c.       Membentuk Komite Nasional Indonesia sebagai lembaga yang membantu presiden dan melaksanakan tugas-tugasnya. Pada awal pemerintahan Presiden akan dibantu oleh sebuah komite nasional, hal itu akan terus berlangsung sampai dengan terbentuknya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui pemilihan umum (Pemilu). Namun pada kenyataannya pemilihan umum tidak dapat dilakukan secara cepat, dikarenakan kedatangan sekutu dan Belanda yang berupaya kembali untuk menguasai Indonesia, sehingga pemilu baru dapat dilaksanakan pada tahun 1955.
Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 berjalan dengan lancar dan berhasil membentuk serta mengesahkan UUD 1945, memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden serta membentuk Komite Nasional Indonesia (KNI). Dengan demikian, sejak tanggal 18 Agustus 1945 yaitu sehari setelah Indonesia merdeka, negara Republik Indonesia telah memiliki sistem pemerintahan yang sah dan diakui oleh seluruh rakyat Indonesia. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah