Latar Belakang berdirinya VOC

shares |

Sejak kedatangan bangsa Belanda di Banten yang dipimpin oleh Cornelis De Houtman pada 1596, Belanda telah mengetahui sumber utama rempah-rempah yang mereka cari. Oleh sebab itu mereka berupaya untuk menguasai wilayah penghasil rempah-rempah tersebut. Sejak saat itu, makin sering para pedagang Belanda yang melakukan pelayaran dari negeri Belanda ke nusantara.
latar belakang berdirinya VOC
Misalnya, dengan kedatangan armada kedua setelah de Houtman, yaitu Jacob Van Neck dua tahun kemudian. Keberhasilan de Houtman mendapatkan sumber rempah rempah memang disambut dengan gegap gempita oleh negeri Belanda. Sementara itu peta yang dibuat semakin sempurna. Kedatangan berbagai armada pelayaran Belanda ke nusantara menyebabkan secara tidak langsung terjadi persaingan antar para pedagang Belanda itu sendiri. Oleh sebab itu, maka Belanda mendirikan sebuah kongsi dagang bernama VOC.
Apa itu VOC?
VOC merupakan singkatan dari verenigde oost indische compagnie, yang merupakan kongsi dagang kerajaan Belanda untuk melakukan perdagangan rempah-rempah. VOC mendapatkan hak-hak istimewa dari kerajaan Belanda, yang disebut hak ocktrooi (mengenai hak istimewa ini telah kami jelaskan pada artikel yang lain). Kerajaan Belanda benar-benar memberikan kuasa penuh kepada VOC untuk menjalankan misi dagangnya, misalnya keleluasaan VOC untuk mencetak dan  mengedarkan mata uang sendiri, serta berhak mendirikan benteng dan memiliki persenjataan.
Keistimewaan ini menyebabkan VOC leluasa menjalankan kebijakannya yang sangat menyengsarakan rakyat. (Simak artikel mengenai kebijakan VOC yang sangat kejam hanya di sarisejarah com).
VOC didirikan dengan mempertimbangkan beberapa tujuan, yaitu:
1. untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antar pedagang Belanda sendiri. Sebagaimana diketahui banyaknya pedagang Belanda yang datang ke Indonesia menyebabkan masing-masing diantara mereka justru saling bersaing secara tidak sehat, oleh sebab itu VOC didirikan untuk menyatukan visi dan misi perdagangan mereka demi mengeruk keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
2. agar mampu bersaing dengan kongsi dagang negara lain, seperti EIC (Inggris) dan compagnie des indies (portugis). Belanda memang bukan satu-satunya negara yang melakukan pelayaran demi tujuan mendapatkan rempah-rempah. terdapat negara lain juga seperti Portugis, Spanyol, maupun Inggris. Oleh sebab itu dibentuknya VOC sangat menguntungkan Belanda dalam menghadapi persaingan dengan kongsi dagang negara lain.
3. Meningkatkan pamor negara Belanda di mata dunia
4. membantu kas negara Belanda yang saat itu berperang melawan Spanyol. Sebagiamana diketahui bahwa dibentuknya VOC menyebabkan Belanda mampu melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara. Oleh sebab itu keuntungan yang didapat dan disetor ke negara Belanda sangat berlimpah, salah satu manfaatnya adalah untuk membiayai perang melawan Spanyol. VOC juga tidak segan-segan mengusir pedagang lain yang coba-coba menguasai dan melakukan monopoli perdagangan rempah rempah di nusantara.
Demikian artikel singkat tentang latar belakang berdirinya VOC, semoga bermanfaat. Baca juga tentang kebijakan VOC []

Related Posts

0 Komentar: