Hak-hak Istimewa VOC (Hak Ocktrooi)

shares |

Pada pembahasan yang telah lalu, sarisejarah telah menyajikan artikel tentang latar belakang berdirinya VOC. Untuk menyegarkan ingatan pembaca tentang VOC, perlu disampaikan kembali bahwa latar belakang dibentuknya VOC adalah untuk:
1. untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antar pedagang Belanda sendiri. Sebagaimana diketahui banyaknya pedagang Belanda yang datang ke Indonesia menyebabkan masing-masing diantara mereka justru saling bersaing secara tidak sehat, oleh sebab itu VOC didirikan untuk menyatukan visi dan misi perdagangan mereka demi mengeruk keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
2. agar mampu bersaing dengan kongsi dagang negara lain, seperti EIC (Inggris) dan compagnie des indies (portugis). Belanda memang bukan satu-satunya negara yang melakukan pelayaran demi tujuan mendapatkan rempah-rempah. terdapat negara lain juga seperti Portugis, Spanyol, maupun Inggris. Oleh sebab itu dibentuknya VOC sangat menguntungkan Belanda dalam menghadapi persaingan dengan kongsi dagang negara lain.
3. Meningkatkan pamor negara Belanda di mata dunia
4. membantu kas negara Belanda yang saat itu berperang melawan Spanyol. Sebagiamana diketahui bahwa dibentuknya VOC menyebabkan Belanda mampu melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara. Oleh sebab itu keuntungan yang didapat dan disetor ke negara Belanda sangat berlimpah, salah satu manfaatnya adalah untuk membiayai perang melawan Spanyol. VOC juga tidak segan-segan mengusir pedagang lain yang coba-coba menguasai dan melakukan monopoli perdagangan rempah rempah di nusantara.

hak-hak istimewa VOC
VOC merupakan singkatan dari verenigde oost indische compagnie, yang merupakan kongsi dagang kerajaan Belanda untuk melakukan perdagangan rempah-rempah. VOC mendapatkan hak-hak istimewa dari kerajaan Belanda, yang disebut hak ocktrooi. Kerajaan Belanda benar-benar memberikan kuasa penuh kepada VOC untuk menjalankan misi dagangnya. Berikut merupakan hak-hak istimewa VOC, diantaranya:
1.Hak monopoli perdangangan
2.Mencetak dan mengedarkan uang
3.Mengangkat dan memberhentikan pegawai
4.Mengadakan perjanjian dengan raja-raja
5.Memiliki tentara
6.Mendirikan benteng
7.Menyatakan perang dan damai
8. Mengangkat dan memberhentikan penguasa setempat
Penjelasan:
1. hak untuk melakukan monopoli; monopoli adalah sebuah praktik perdagangan yang bertujuan untuk menguasai sumber-sumber perdagangan, dalam hal ini adalah rempah-rempah. Mereka mewajibkan rakyat untuk menjual dan menyerahkan rempah-rempah hanya kepada VOC. Mereka tidak segan-segan untuk menindak dan menghukum rakyat yang terbukti membangkang, mengenai hal ini silahkan baca tentang kebijakan VOC
2. mencetak dan mengedarkan mata uang; dengan hak istimewa ini mereka tidak perlu menggunakan mata uang dari negara asal yaitu gulden dari Belanda, dengan menggunakan mata uang sendiri mereka leluasa mengontrol perdagangan dan harga rempah-rempah
3. mengangkat dan memberhentikan pegawai; VOC memiliki hak untuk mengangkat pegawai sesuai dengan anggaran yang tersedia, (dalam perkembangannya ternyata menjadi bumerang bagi VOC, sebagai banyaknya pegawai justru menyebabkan VOC bangkrut, diperparah dengan korupsi)
4. Mengadakan perjanjian dengan raja-raja; dengan hak ini maka VOC mampu menaklukkan penguasai pribumi dan menjadikan mereka bawahan dari VOC
5.Memiliki tentara
6.Mendirikan benteng
7.Menyatakan perang dan damai
8. Mengangkat dan memberhentikan penguasa setempat
demikian tentang hak-hak istimewa yang dimiliki oleh VOC, semoga bermanfaat. []

Related Posts

1 Komentar: