Asal Usul Manusia di Kepulauan Indonesia menurut para Ahli

shares |

Pembahasan mengenai asal usul manusia khususnya di Indonesia pada saat ini tidak begitu diminati. Bahkan terdapat beberapa pendapat yang menyatakan bahwa pembahasan mengenai hal tersebut sudah tidak relevan dengan masa kini. Hal ini dikarenakan terdapat argumen yang menyatakan bahwa teori tersebut menyesatkan. Pendapat kemudian memberikan rekomendasi bahwa pembahasan mengenai asal usul manusia di kepulauan Indonesia sebaiknya diadakan dari bangku sekolah.
Meskipun demikian, kami ingin memberikan sedikit gambaran mengenai materi/teori yang telah mulai ditinggalkan tersebut. kami sendiri berpendapat bahwa materi tersebut sebenarnya cukup rumit. Berikut merupakan beberapa pendapat para ahli mengenai asal usul manusia di kepulauan Indonesia.
1. Prof. Dr. H. Kern, ia berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia. Ia menyatakannya dalam Teori Imigrasi yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia (Campa, Kochin China dan Kamboja). Pendapatnya ini didukung oleh adanya perbandingan bahasa yang digunakan di kepulauan Indonesia yang akar bahasanya adalah bahasa Austronesia.
2. Van Heine Geldern, menurut pendapatnya bangsa Indonesia berasal dari Asia. Pendapat ini didukung oleh adanya artefak-artefak yang ditemukan di Indonesia. Artefak tersebut memiliki banyak persamaan dengan yang ada di daratan Asia.
3. Moh. Yamin, menurut salah seorang bapak bangsa ini, bangsa Indonesia berasal dari Indonesia. Beliau mengemukakan teorinya tersebut berdasarkan banyaknya penemuan artefak maupun fosil tertua di Indonesia dalam jumlah yang besar.
4. Drs. Moh Ali, mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Yunan, Cina Selatan.
5. NJ. Krom, berpendapat bahwa asal usul bangsa Indoensia berasal dari daerah Cina Tengah.
6. Dr. Brandes, mengatakan bahwa bangsa yang bermukim di kepulauan Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa pada daerah yang terbentang dari sebelah Utara Formosa, sebelah Barat Madagaskar, sebelah Selatan Pulau Jawa- Bali, sebelah Timursampai tepi Barat Amerika melalui perbandingan bahasa.
7. Pendapat beberapa ahli, mengatakan bahwa masyarakat yang menempati wilayah wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu. Nenek moyang bangsa Indonesia datang melalui dua gelombang yaitu : a. Proto Melayu ( Melayu Tua ), merupakan orang Austronesia yang pertamakali datang ke Indonesia sekitar tahun 1500 SM melalui jalur Barat ( Malaysia-Sumatera ) dan jalur Timur( Philipina- Sulawesi ) dengan membawa kebudayaan kapak persegi (Jalur Barat) dan kapak lonjong (jalur Timur) Bangsa Indonesia yang termasuk keturunan Proto Melayu adalah : Suku Dayak, Toraja, Batak, Papua dsb. b. Deutro Melayu ( Melayu Muda ), masuk ke wilyah Indonesia sekitar 400-300 SM melalui jalur Barat, dengan membawa kebudayaan Logam, seperti : Nekara ( Moko ), Kapak corong, juga mengembangkan kebudayaan Megalitik. Bangsa Indonesia yang termasuk keturunan Deutro Melayu adalah : Jawa, Melayu dan Bugis. []

Related Posts

1 Komentar: