Pembagian Zaman Pra Aksara berdasarkan Ilmu Geologi

shares |

Masa pra aksara adalah masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Dirunut secara garis kronologi, maka kehidupan di bumi ini sangat panjang. Oleh sebab itu diperlukan upaya penyederhanaan yang disebut sebagai periodisasi untuk memudahkan manusia memahami peristiwa peristiwa sejarah.
Sebagaimana diketahui bahwa untuk memahami ilmu sejarah, diperlukan beberapa ilmu bantu yang dapat digunakan seseorang untuk memahami sejarah. Diantaranya adalah ilmu paleontologi, arkeologi, sosiologi, anthropologi, bahkan ilmu geologi.
Berdasarkan ilmu geologi, didapatkan sebuah pembahasan yang menarik berkaitan dengan asal usul makhluk hidup. tentu saja hal ini diupayakan tidak bertentangan dengan ilmu agama tentang asal usul makhluk, Berdasarkan penelitian, berikut akan kami paparkan tentang pembabagan zaman pra aksara berdasarkan ilmu geologi.
menurut Ilmu Falak terjadinya bumi telah berlangsung sekitar 2.500 juta tahun yang lalu dan terbagi atas beberapa jaman antara lain :
1. Jaman Arkaikum / Azoikum;
Zaman ini adalah zaman paling awal tentang terbentuknya bumi. Pada jaman ini keadaan bumi masih sangat panas dan belum ada tanda-tanda kehidupan. Keadaan yang panas itulah yang tidak memungkinkan untuk hidup.
2. Jaman Palaeozoikum / Primer;
Zaman ini sering disebut sebagai zaman primer, dimana Tuhan YME telah menciptakan secara sempurna bumi dan menciptakan makhluk makhluk hidup. Pada masa ini sudah ada kehidupan yang ditandai dengan diciptakannya binatang kecil, amphibi dan reptil.
3. Jaman Mesozoikum/sekunder;
Zaman ini seringkali disebut sebagai zaman sekunder. Ada pula para ahli yang menyatakan sebagai zaman reptil, sebab pada masa ini muncul binatang reptil besar seperti Dinosaurus, Atlantosaurus dsb. Namun dikarenakan bencana alam menyebabkan hewan hewan besar tersebut mengalami kepunahan. Kini yang tersisa adalah fosil-fosilnya saja. Namun dari fosil tersebut kita dapat mengetahui gambaran bentuk asli hewan hewan besar tersebut melalui proses rekonstruksi fosil-fosil yang ditemukan tersebut.
4. Jaman Neozoikum / Kainozoikum
Zaman ini seringkali disebut sebagai zaman tersier dan zaman kuarter. Para ahli ada yang menyebutnya sebagai  jaman hidup baru. Jaman ini terbagi atas dua bagian yaitu :
a. Jaman Tersier Pada jaman ini binatang reptil sudah mulai lenyap dan berkembang binatang menyusui.
b. Jaman Kuarter, terbagi atas dua yaitu : 1) Jaman Dilluvium/jaman Es/Interglasial. Pada masa ini Eropa Utara, Asia Utara dan Amerika Utara tertutup oleh es yang sangat luas. Bagian Barat Indonesia menyatu dengan Asia sedangkan bagian Timur menyatu dengan Australia. 2) Jaman Alluvium / Holosen Pada jaman inilah berkembangnya kehidupan manusia jenis Homo Sapiens seperti manusia sekarang ini.

Demikian artikel singkat tentang pembabagan zaman pra aksara berdasarkan ilmu geologi, semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan  mampu menambah khazanah keilmuan kita. []

Related Posts

0 Komentar: