Monday, January 26, 2015

Mengapa bangsa Eropa datang ke Dunia Timur?


Pada artikel sebelumnya telah disinggung tentang pengertian merkantilisme, imperialisme, kolonialisme, dan kapitalisme yang memiliki kaitan erat dengan motif kedatangan bangsa barat ke Indonesia. Dipelopori oleh Portugis, Spanyol, Belanda maupun Inggris, mereka memiliki alasan yang kuat untuk melakukan perjalanan ke dunia timur.
berikut merupakan beberapa alasan mengapa bangsa eropa datang ke Eropa. Kami akan menguraikan satu persatu hanya untuk anda.
1.  Renaissance
Tidak dapat dimungkiri bahwa Renaissance merupakan faktor terpenting yang melatarbelakangi keberanian bangsa eropa mengarungi samudera yang begitu luas. Renaissance berasal dari bahasa Prancis, Renascari yaitu kelahiran kembali kebudayaan klasik dari jaman Romawi dan Yunani kuno yang meliputi kesusasteraan, seni dan ilmu pengetahuan. Gerakan ini dipelopori oleh  Dante Aligheiri, Petrarca dan Boccacio.
Timbulnya gerakan ini disebabkan oleh :
  • Terjadinya pertumbuhan perdagangan di kota Venesia, Florence dan Geno (Italia)
  • Adanya puing-puing bangunan lama yang megah dan mengagumkan di kota Roma dan kota-kota lainnya
  • Perkembangan ekonomi Italia lebih maju dari Negara Eropa lainnya
  • Bangsawan Italia tidak tinggal di pedalaman tapi di kota-kota
    Berdasarkan fakta di atas, renaissance menyebabkan perubahan tatanan kehidupan khususnya di Eropa, sehingga pengetahuan berkembangan dengan sangat pesat. Pada akhirnya kemajuan teknologi khususnya di bidang perkapalan menyebabkan bangsa Eropa mampu menjangkau dan memiliki harapan menguasai daerah daerah baru untuk dikuasai.ilustrasi peta penjelajahan samudera






2. Penjelajahan samudera dan Penemuan daerah baru
Awal abad ke 16 bangsa Portugis, Spanyol, Inggris dan Negara Eropa lainnya mengadakan penjelajahan samudera karena didorong oleh faktor berikut :
a.  Tahun 1453 kota Konstantinopel jatuh ke tangan Turki yang mengakibatkan harga  rempah-rempah menjadi sangat mahal. Disamping itu pusat perdagangan yang dikuasai oleh kesultanan Turki tertutup bagi bangsa barat. Oleh sebab itu, para pedagang Eropa mulai berfikir untuk mencari dan mendapatkan rempah-rempah langsung dari sumbernya, yaitu di India.
b.  Berkembangnya Ilmu pengetahuan tentang bumi dan ilmu astronomi dan penemuan kompas. Sebelum renaissance, masyarakat Eropa harus menerima dogma gereja yang menyatakan bahwa bumi berbentuk datar, oleh sebab itu mereka takut untuk mengarungi samudera yang luas. Mereka khawatir tidak dapat pulang dengan selamat apabila terjerumus ke tepi dunia. Oleh sebab itu, mereka tidak pernah berani mencoba menemukan hal baru. Namun setelah renaissancce, terbukti bahwa bumi itu bulat, maka mereka tidak khawatir untuk tersesat, dengan didukung teknologi kapal dan kompas, memungkinkan mereka dapat mengarungi samudera yang luas, namun yang terpenting adalah ada jaminan untuk dapat pulang dengan selamat.
c.  Timbulnya keinginan untuk mencari keuntungan yang besar dan upaya untuk mencari daerah baru
d.    Ingin menyebarkan agama Kristen ke seluruh dunia, misi ini disebut Gospel. Tugas ini dianggap sebagai tugas suci untuk menyebarkan agama mereka. Oleh sebab itu dalam setiap pelayaran mereka membawa serta para pendeta.
e.    Adanya  Penemuan baru di bidang ilmu Pengetahuan, diantaranya  Johan Guttenberg menemukan mesin cetak; Nicolaus Copernicus menemukan matahari sebagai pusat tata surya;  Galileo galilei menemukan teleskop
f. Penemuan teknologi peta. para pembuat peta mungkin adalah pihak yang paling berjasa dan menentukan keberhasilan menemukan daerah baru. mereka senantiasa menyempurnakan peta yang lebih dahulu dibuat. Dengan pesatnya pengetahuan tentang peta, mereka mampu membuka cakrawala dan wawasan bahwa ternyata masih banyak daerah yang menarik untuk ditaklukkan dan mampu menghasilkan sumber daya alam yang menunjang kebutuhan industri di negara mereka
demikianlah artikel tentang faktor pendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran di dunia timur, semoga bermanfaat. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah