Thursday, January 15, 2015

EMPAT KEGUNAAN SEJARAH


Sejarah merupakan sebuah cabang ilmu sosial yang memiliki keunikan dibandingkan dengan ilmu lainnya. Diantaranya dikarenakan memiliki metode yang berbeda dengan ilmu lainnya. Terhadap hal ini telah disinggung dalam artikel yang lain pada blog ini. Disamping itu, sejarah memiliki empat kegunaan bagi kehidupan manusia. Secara sederhana, Louis Gotschalk membagi kegunaan sejarah dalam 4 bagian. Berikut merupakan empat kegunaan sejarah, yaitu :
1. Rekreatif, sejarah memberikan manfaat untuk sarana hiburan. Artinya dengan membaca, memahami, dan mempelajari sejarah, seolah-olah pembaca dibawa berpetualang menembus dimensi ruang dan waktu. Tanpa beranjak dari tempat, kita dibawa oleh sejarah untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa yang jauh dari kita yang mungkin saja kita tidak tahu tempatnya atau kita tidak pernah ikut menyaksikan kejadian tersebut. Sejarah memberikan kepuasan dan keasyikan tersendiri dengan menyelami kisah demi kisah sejarah. Banyak yang telah sepakat bahwa terdapat unsur seni dalam sejarah. Disamping itu sejarah sebagai kisah telah memberikan banyak kisah yang disampaikan kepada manusia yang berfungsi sebagai sarana rekreatif.
2. Inspiratif, Sejarah memberikan manfaat yang menginspirasi bagi kehidupan manusia. Dalam hal ini suatu karya sejarah dapat memberikan inspirasi kepada para pembacanya atau yang mempelajarinya. Hal ini didapatkan dari kisah-kisah sejarah yang kerap menyuguhkan kehidupan para tokoh-tokoh besar dalam sejarah. Kehidupan mereka, sepak terjang, karier, pemikiran, maupun karya-karya mereka yang dituangkan dalam sebuah buku atau berupa pidato telah banyak menginspirasi manusia pada masa kini. Banyak yang kemudian menjadikan tokoh-tokoh sejarah sebagai sumber inspirasi bagi kehidupan mereka. Misalnya, kita mengidolakan Presiden Soekarno yang memiliki keberanian terhadap bangsa asing serta memiliki pesona dalam setiap pidatonya. Secara tidak langsung, bagi seseorang yang menjadikan Soekarno sebagai panutan, maka ia akan berupaya meniru-niru apa yang telah dilakukan Soekarno tersebut.
3. Instruktif, bermaksud memberikan pelajaran mengenai suatu keterampilan atau pengetahuan ( pengajaran ) tertentu misalnya pengetahuan tentang taktik perang.
4. Edukatif, berguna untuk mendapatkan kearifan dari masa lampau untuk melangkah ke masa depan. Sejarah memberikan pembelajaran kehidupan bagi manusia pada zaman sekarang supaya dapat belajar dari peristiwa kegagalan pada masa lalu supaya tidak berulang pada masa sekarang. Contoh adanya slogan “jangan sekali-kali melupakan sejarah”.  Maka, dengan slogan tersebut, misalnya kita mengetahui bahwa perang dunia I dan II adalah perang yang telah menelan banyak korban jiwa, bahkan menghancurkan infrastruktur dan melumpuhkan perekonomian banyak negara di dunia, maka dengan demikian sejarah berfungsi supaya manusia dapat belajar dari pengalaman tersebut dan mengupayakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya perang sekaligus mengupayakan tercapainya perdamaian dunia. Menurut Travelyan belajar sejarah mempunyai 3 kegunaan antara lain : a. Ilmiah yaitu berupa pengumpulan fakta dan penyaringan bukti. b. Imajinatif yaitu menyeleksi dan mengkategorikan fakta yang telah dikumpulkan dan mengambil satu kesimpulan c. Sastra yaitu penyajian hasil ilmu dan daya angan dalam bentuk yang menarik.
Demikian merupakan keempat fungsi sejarah, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. []

0 Komentar:

Artikel, materi, dan Bank Soal Sejarah