CARA MASYARAKAT PRA AKRSARA MEWARISKAN MASA LALUNYA

shares |

Masa lalu merupakan peristiwa yang telah terjadi dan tidak akan kembali lagi. Masyarakat memiliki masa lalu yang meliputi adat istiadat, budaya, tata kelakuan, ide-ide, maupaun kebiasaan-kebiasaan yang dapat diwariskan. Hal ini dikarenakan ada kewajiban bagi generasi selanjutnya untuk melestarikan warisan budaya masa lalu tersebut. Masyarakat pra aksara memiliki dua cara untuk mewariskan masa lalu yaitu :

a. Melalui keluarga Keluarga memiliki peranan yang penting dalam proses pewarisan budaya masa lalu karena kesempatan berinteraksi dalam keluarga lebih besar sehingga memudahkan orang tua menanamkan ide-ide dan menyampaikan informasi mengenai tatacara berprilaku dan adat istiadat serta kebiasaan keluarga yang benar pada anak.

b. Melalui Masyarakat Masyarakat secara langsung atau tidak langsung memiliki cara tersendiri dalam mewariskan masa lalunya yaitu, yaitu melalui adat istiadat, pertunjukan hiburan dan kepercayaan masyarakat.

Selain hal hal di atas, warisan masa lalu dapat diketahui melalui,:

a. Folklore

Folklore merupakan adat istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun dan tidak dibukukan. Folklore Lisan : bahasa rakyat, teka-teki, puisi, cerita rakyat, Nyanyian rakyat. Folklore bukan lisan : Arsitektur rakyat, kerajinan tangan, pakaian, obat-obatan tradisional, perhiasan dsb.

b. Mitologi Ilmu Kesusasteraan tentang dongeng kehidupan para dewa dan mahluk halus dalam suatu kebudayaan juga menceritakan tentang asal usul alam semesta, manusia dan bangsa yang diungkap secara ghaib.

c. Legenda Merupakan cerita rakyat pada masa lampau yang masih memiliki hubungan dengan peristiwa sejarah.

d. Upacara Merupakan rangkaian kegiatan yang terikat oleh aturan tertentu berdasarkan adat istiadat dan agama ( kepercayaan ).

e. Lagu daerah Merupakan lagu yang menggunakan bahasa daerah. []

Related Posts

0 Komentar: