Beberapa motif penjelajahan Samudera Bangsa Barat ke Timur

shares |


Telah banyak artikel yang membahas tentang faktor faktor pendorong penjelajahan bangsa barat ke dunia timur untuk mencari rempah-rempah. Namun tidak banyak yang membahas tentang motif-motif yang melatarbelakangi ekspedisi tersebut.
Dalam pembahasan kali ini, sarisejarah.com akan membahas tentang beberapa motif penjelajahan samudera bangsa barat ke dunia timur.
namun sebelumnya, kita harus memahami terlebih dahulu kondisi di Eropa pada waktu itu.
Pada masa pertengahan, khususnya setelah renaissance di Eropa, masyarakat eropa mengalami perubahan tatanan kehidupan di berbagai bidang. salah satunya adalah di bidang industri. Banyak temuan yang digunakan untuk pemanfaatan di bidang industri, misalnya di pabrik-pabrik. pekerjaan menjadi efektif dan efisien. Efektif maksudnya adalah pekerjaan tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, sebab tenaga manusia telah banyak yang digantikan oleh tenaga mesin. Sehingga pekerjaan yang semula memerlukan waktu beberapa minggu, dapat diselesaiakan dengan waktu yang relatif singkat yaitu hanya beberapa hari. Disamping itu juga pekerjaan menjadi lebih efisien, karena tidak banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar upah buruh, disamping itu dengan pemanfaatan teknologi di bidang mesin, maka biaya yang dikeluarkan dapat ditekan lebih dalam sehingga menghasilkan pemasukan yang lebih maksimal.
Hal ini yang kemudian menyebabkan terjadinya revolusi sosial. Disamping itu, dalam perkembangannya kehidupan industri memunculkan paham-paham yang menggejala diseluruh eropa diantaranya adalah paham merkantilisme, kapitalisme, kolonialisme, dan imperialisme. Ini telah kami bahas dalam artikel sebelumnya,
Hal hal inilah yang mendorong terjadinya penjelajahan samudera. Berikut motif-motif penjelajahan samudera bangsa barat:
1. Faktor politis; Prestise/gengsi dari para Raja di Eropa; tidak dapat dimungkiri bahwa Raja-Raja di eropa sangat menginginkan kekuasaan yang lebih dengan ditandai kepemilikan jajahan yang sangat luas. Sebab pandangan umum yang berlaku adalah semakin luas wilayah penjajahannya, maka semakin tenar nama Raja tersebut di mata rakyatnya. Ia akan dianggap sebagai Raja yang mengantarkan negaranya pada puncak kejayaan. Oleh sebab itu, kebanyakan kerajaan yang membiayai ekspedisi penjelajahan samudera bagi para pelaut tersebut.
2. Faktor ekonomi; setidaknya terdapat beberapa alasan ekonomi yang melatar belakangi penjelajahan samudera, diantarnya adalah a) keinginan memperoleh bahan baku Industri mereka, sebagaimana diketahui bahwa bangsa Eropa telah mengubah negara mereka menjadi negara industri yang membutuhkan bahan produksi mereka. Bahan itulah yang tidak mereka dapatkan karena keterbatasan sumber daya alam, sehingga hal ini mendorong mereka untuk mencari di negara lain, b) keinginan memperoleh upah buruh yang murah, c) keinginan untuk mendapatkan tempat pemasaran hasil produksinya, d) keinginan untuk mencari tempat menanamkan modal mereka.
3. Faktor ideologis, yaitu tentang semboyan tradisional mereka, Gold Glory Gospel, yang berarti mencari kekayaan, kejayaan dan menyebarkan agama Nasrani. Mengenai hal ini akan kami bahas dalam artikel berikutnya.

Demikian merupakan artikel singkat tentang motif penjelajahan samudera bangsa barat, semoga bermafaat. []

Related Posts

0 Komentar: