Kisah Mbah Soleh

shares |

Berikut merupakan kisah Sunan Ampel dengan murid-muridnya. Kisah mbah soleh ini merupakan kelanjutan dari kisah-kisah walisongo terdahulu. Mbah Soleh bukanlah anggota walisongo, melainkan Mbah Soleh adalah salah satu dari sekian banyak murid Sunan Ampel yang mempunyai karomah atau keistimewaan.
Kisah Mbah soleh sangat dikenal luas oleh masyarakat. hal ini tidak lain dikarenakan adanya sebuah keajaiban yang mungkin tak ada duanya. Mbah Soleh merupakan seorang manusia yang dikubur hingga sembilan kali. Kisah ini bukanlah isapan jempol belaka. terdapat bukti yang nyata tentang kisah Mbah Soleh ini, yaitudDi sebelah timur Masjid Agung Sunan Ampel terdapat sembilan kuburan. Itu bukan kuburan sembilan orang tapi hanya kuburan seorang yaitu murid Sunan Ampel yang bernama Mbah Soleh.
Kisah Mbah Soleh, Tukang Sapu Masjid Ampel
Mbah Soleh adalah tukang sapu masjid Ampel di masa hidupnya Sunan Ampel. Apabila menyapu lantai Masjid sangatlah bersih sekali sehingga orang yang sujud di masjid tanpa sajadah tidak merasa ada debunya. Dahi mereka selalu bersih selepas sujud. Tak atupun debu menempel di tubuh mereka.
Suatu ketika tersiar kabar bahwa mbah Soleh Wafat. Seketika Mbah Soleh wafat dimakamkan di depan masjid. Setelah mbah Soleh wafat, ternyata tidak ada santri yang sanggup mengerjakan pekerjaan Mbah Soleh yaitu menyapu lantai masjid dengan sempurna. Akibatnya sejak ditinggal Mbah Soleh masjid menjadi kotor. Kemudian terucaplah kata-kata Sunan Ampel. “Bila Mbah Soleh masih hidup tentulah masjid ini menjadi bersih”.
Mendadak Mbah Soleh ada di pengimaman masjid sedang menyapu lantai. Seluruh lantai pun sekarang menjadi bersih lagi. Orang-orang pada terheran melihat Mbah Soleh hidup lagi.
Beberapa bulan kemudian Mbah Soleh wafat lagi dan dikubur disamping kuburannya dulu. Masjid menjadi kotor lagi, lalu terucaplah kata-kata Sunan Ampel seperti dulu. Mbah Soleh pun hidup lagi. Hal ini berlangsung beberapa kali sehingga kuburannya ada delapan. Pada saat kuburan Mbah Soleh ada delapan Sunan Ampel meninggal dunia. Beberapa bulan kemudian Mbah Soleh meninggal dunia, sehingga kuburan Mbah Soleh ada sembilan. Kuburan yang terakhir berada di ujung paling timur. Demikianlah merupakan kisah Mbah Soleh, murid Sunan Ampel yang terkenal sebagai petugas yang menyapu lantai hingga bersih, semoga memberikan motivasi bagi kita semua untuk meneladani kehidupan beragama mbah Soleh. []

Related Posts

1 Komentar: